Yang Perlu Anda Tahu Tentang Anomali Pasar Saham

By on 12 Mei 2014 | Artikel ini Sudah di baca 2.825 kali
Saham

Investasi Saham – Ada berbagai faktor yang mempengaruhi tingkat pasar saham yang dihitung dari menit  ke menit. Yang dihitung termasuk produk domestik bruto (PDB), data inflasi, suku bunga, pasokan, permintaan, pengangguran,  perubahan politik, dan kekuatan-kekuatan ekonomi yang lebih luas salah satunya adalah anomali pasar saham.

Trend pasar umum biasanya sangatlah rumit namun selalu ada dan mewarnai sejarah perekonomian dunia. Seperti saham-saham lain berbasis harga, anomali pasar saham ini bisa memberikan kesempatan membeli bagi para investor. Anomali pasar saham ini meliputi:

Harga berdasarkan keteraturan
1 . Saham berharga rendah maka harga cenderung mengungguli saham yang lebih mahal, dan perusahaan cenderung untuk menghargai nilai setelah pengumuman stock split.

2 . Perusahaan kecil cenderung untuk mengungguli perusahaan yang lebih besar, yang merupakan alasan utama untuk berinvestasi di saham-saham berkapital kecil.

3 . Perusahaan cenderung untuk memesan arah harga mereka dalam jangka pendek dan jangka panjang.

4 . Perusahaan yang memiliki harga saham tertekan cenderung menjualcsaham untuk pengurangan pajak pada bulan Desember dan bangkit kembali pada bulan Januari tahun berikutnya.

Berbasis kalender keteraturan
Keteraturan ini memungkinkan Anda untuk lebih mengatur waktu investasi Anda dalam jangka pendek . Meskipun investor harus mengingat  bahwa dalam jangka panjang manfaat dari rencana investasi biasa ( investas bulanan) jauh lebih besar daripada manfaat dari mencoba ke waktu investasi spekulatif harian. Pola berikut telah terbukti terjadi dan selalu terulang.

1 . Time of the day effect/efek waktu dalam sehari.  Awal dan akhir hari pasar saham menunjukkan return yang berbeda dan karakteristik volatilitas.

2 . Day of the week effect/efek hari dalam seminggu . Pasar saham dalam seminggu cenderung dimulai  dengan trend yang lemah dan ditutup dengan trend yang kuat.

3 . Week of the month effect/efek minggu dalam sebulan. Pasar saham cenderung untuk mendapatkan sebagian besar return dalam dua minggu pertama setiap bulannya.

4 . Month of the year effect/efek bulan dalam setahun. Bulan pertama dalam satu tahun cenderung menunjukkan peningkatan kembali selama sisa tahun tertentu . Hal ini disebut sebagai efek Januari.
Pastikan Anda menghitung dengan presisi berapa jumlah hari Senin dalam bulan A, berapa jumlah hari Selasa dalam bulan A hingga hari Jumat dalam bulan A. Setelah itu jika Anda termasuk investor yang tergantung pada suatu jenis layanan investasi yang membatasi Anda untuk berinvestasi secara mandiri (misalnya untuk melakukan trading saham online), maka Anda harus mencatat pula hari-hari libur Nasional selain hari Sabtu dan Minggu yang  ada di bulan A. Ulangi langkah di atas untuk bulan-bulan yang lain. Anda dapat membandingkan berapa hari efektif antara bulan satu dengan bulan lainnya. Hal ini dapat membuat Anda semakin aware akan tingkat produktifitas dan pengaruh anomali pasar saham.

Investor harus mencatat bahwa tak setiap anomali pasar saham datang setiap saat, namun memastikan Anda menyadari akan adanya anomali pasar saham memungkinkan Anda untuk mendapatkan keuntungan dalam jangka panjang dan menanggulangi volatilitas pasar dalam jangka pendek. Singkatnya, tetaplah bersikap bijaksanan untuk mengambil keuntungan dari anomali ini, namun jangan bertujuan untuk memanfaatkan anomali ini dengan mengorbankan tujuan investasi jangka panjang Anda.

 

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Pakar Investasi Apps di Android Anda.