Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Saham Emas

By on 4 Juni 2014 | Artikel ini Sudah di baca 2.389 kali
Saham Emas

Untuk terlibat dalam perdagangan emas, Anda tidak selalu harus membeli emas batangan dan menitipkan penyimpanannya di suatu tempat aman. Anda bahkan dapat menjadi pemilik perusahaan pertambangan emas dengan modal yang menyesuaikan kemampuan Anda. Dan Anda dapat memperdagangkan saham emas melalui platform perdagangan yang lazim disebut option. Untuk lebih jelasnya, silahkan pelajari tentang apa itu saham emas dan option saham emas.

Saham Emas
Saham emas bukanlah emas – saham emas adalah saham pada perusahaan pertambangan emas. Jika harga emas naik , keuntungan perusahaan tambang emas seharusnya naik dan akibatnya harga saham juga seharusnya naik. Ada banyak faktor yang harus diperhitungkan dan tidak selalu terjadi bahwa harga saham akan naik pada saat harga emas naik. Hal ini perlu diperhatikan sebagai alat mempertimbangkan kinerja dan kemampuan manajemen, auditor, ahli geologi, pelaksanaan serikat buruh, posisi lindung nilai emas perusahaan dan apakah yang dilakukan adalah memproduksi atau mengeksplorasi, biaya dasar, berapa banyak cadangan itu di tanah dan apakah pelaksanaanya tunduk pada ekonomi,  politik, nasionalisasi ataupun risiko lingkungan.

Saham emas individu akan dianggap sebagai sangat fluktuatif dan memiliki risiko tinggi. Saham Emas dianggap sebagai lebih spekulatif karena ada skenario risiko hadiah yang lebih tinggi. Namun, risiko tambahan dapat dikompensasikan dengan leverage yang dapat menghasilkan keuntungan yang lebih tinggi pula. Keuntungan yang lebih tinggi seperti yang diharapkan dari perusahaan-perusahaan pertambangan emas senior menengah dan memiliki kapitalisasi besar dengan cadangan emas yang terbukti ada dan pendapatan yang kuat yang memiliki balance yang kuat dan pertumbuhan sumber daya serta produksi dan manajemen perusahaan yang efektif.

Option Saham Emas
Option saham emas adalah kontrak antara dua pihak yang berakhir pada waktu yang disepakati di masa depan. Kontrak pembeli yang membeli hak, dan bukan kewajiban, untuk membeli saham pertambangan emas (biasa disebut ‘call’ dalam  option) atau menjual (biasa disebut ‘put’ dalam option) saham pertambangan emas  dengan harga tertentu, pada atau sebelum tanggal yang disepakati, yang merupakan tanggal kedaluwarsa.

Option saham emas memungkinkan untuk memperbesar leverage sebagai trader dan dapat mengontrol posisi saham besar dengan hanya mengeluarkan modal kecil. Namun lantaran kontrak option biasanya hanya menawarkan jangka sangat pendek, saham tersebut bisa berakhir tidak berharga dengan seluruh pengeluaran yang hilang. Option saham emas memungkinkan spekulan untuk membuat taruhan pada pergerakan pasar tanpa harus mengambil arah atas atau bawah. Karena itu, option  saham emas bagi para trader  sering dikatakan perdagangan volatilitas daripada perdagangan harga.

Walau dengan kecenderungan sebagai bentuk perdagangan volatilitas, option saham emas dan bahkan option saham-saham lain memungkinkan para trader melakukan perdagangan tanpa spread seperti yang ada pada platform MT4 dan MT5. Sebagai substitusi biasanya profit perdagangan ini akan dikenakan potongan sebesar 20% hingga 40% tergantung arah yang kita ambil untuk mendapatkan profit. Anda mungkin akan ditawari profit yang lebih besar untuk arah yang mungkin tidak akan profitable, inilah kira-kira permainan broker option sehingga Anda akan tergiur mengambil arah yang berakhir pada kehilangan uang. Menanggapi tawaran ini, trader professional pada umumnya tidak tergiur dan lebih memilih berdagang saham emas mengikuti strategi professional mereka.

 

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Pakar Investasi Apps di Android Anda.