Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Indeks Saham

By on 5 Mei 2014 | Artikel ini Sudah di baca 3.363 kali
Indeks Saham

Investasi Saham – Sebagian besar dari kita telah mendengar tentang indeks saham, tetapi hanya memiliki gagasan kabur tentang saham yang terbaik. Artikel dimaksudkan untuk memperjelas dasar-dasar dari indeks saham Apakah indeks saham dan bagaimana cara kerja indeks saham.

Apakah indeks saham itu ?

Indeks saham hanyalah harga rata-rata untuk sekelompok besar saham, entah mereka pemilik pada bursa saham atau merekainvestasi di seluruh sektor. Indeks yang dibentuk dari saham dengan suatu hal yang sama: saham-saham tersebut dari industri yang sama, berada di bursa yang sama,  atau mempunyai ukuran perusahaan yang sama atau lokasi yang sama. Indeks saham memberi kita gambaran keseluruhan dari kesehatan ekonomi pemilik industri atau pertukaran yang terjadi.

Banyak indeks saham yang ada,  di Amerika Serikat sebagai negara adi daya, yang paling terkenal adalah Dow Jones Industrial Average, Indeks Bursa Efek New York Komposit, dan 500 Indeks Harga Saham Standard & sebagian lain dalam klasifikasi komposit lemah.

Bagaimana cara kerja indeks saham?

Ada berbagai cara menghitung indeks. Sebuah indeks yang didasarkan pada harga saham akan dinamai dengan istilah ” indeks harga tertimbang”. Jenis indeks ini mengabaikan ide-ide penting dari setiap saham individu atau ukuran perusahaan.

Sebuah ” index nilai pasar tertimbang “, di sisi lain, memperhitungkan ukuran perusahaan yang terlibat. Dengan cara tersebut, pergeseran harga perusahaan kecil tak terlalu berpengaruh bagi perusahaan besar.

Tipe lain dari indeks adalah ” index pangsa pasar tertimbang “. Jenis indeks ini didasarkan pada jumlah saham, dibanding total nilai mereka.

Indeks sebagai alat investasi.

Fungsi lain indeks adalah dapat berfungsi sebagai instrumen investasi dalam dan dari diri mereka sendiri. reksa dana berdasarkan indeks menduplikasi kepemilikan indeks tertentu. Maka, jika indeks A naik sebesar 1 % Indeks A reksa dana meningkat sebesar 1 % pula. Hal ini memberikan keuntungan yang luar biasa atas pengeluaran biaya yang lebih rendah. Ditambah lagi bahwa dana indeks ini umumnya telah terbukti melampaui dana yang dikelola.

Indeks-indeks besar.

Salah satu indeks yang paling terkenal di dunia adalah Dow Jones Industrial Average. Jenis ini  adalah jenis ” indeks harga rata-rata tertimbang”  yang terdiri dari saham dari 30 perusahaan paling berpengaruh di Amerika. Ada yang mengatakan bahwa 30 perusahaan tidak cukup untuk membentuk penilaian yang akurat yang cukup berpengaruh untuk melakukan pengukuran, namun di seluruh dunia setiap hari dilaporkan tentang Indeks Standard & 500 indeks lemah didasarkan pada 500 perusahaan Amerika Serikat, yang secara hati-hati dipilih untuk mewakili gambaran yang lebih luas dari kegiatan ekonomi.

Di luar negara Amerika Serikat, Indeks yang paling berpengaruh adalah FTSE 100, didasarkan pada 100 perusahaan terbesar di Bursa Efek London. FTSE 100 adalah 1 dari indeks paling penting di Eropa. Dua indeks penting lainnya adalah CAC 40 Prancis dan Nikkei 225 Jepang.

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Pakar Investasi Apps di Android Anda.