Tips yang Wajib Diikuti Sebelum Kredit Kendaraan

By on 6 Februari 2015 | Artikel ini Sudah di baca 2.683 kali

Tips yang Wajib Diikuti Sebelum Kredit KendaraanPerencanaan Keuangan – Sudah merasa punya cukup uang untuk memulai kredit kendaraan di tahun ini?

Ya, saat ini, memiliki kendaraan bermotor menjadi kebutuhan pendukung yang penting bagi sebagian orang. Mobilitas yang tinggi, merupakan salah satu pendorong untuk memilih kendaraan yang tepat untuk mendukung segala aktivitas.

Ada yang digunakan untuk keperluan pengangkutan barang, transportasi ke tempat kerja, dan keperluan keluarga. Alasannya, selama transportasi umum masih dianggap belum bisa memenuhi kebutuhan masyarakat, maka transportasi pribadi akan terus dicari dan dibeli.

Sebab itu, kredit kendaraan bermotor (KKB) dari berbagai bank dan lembaga pembiayaan, seperti sebuah solusi yang dibutuhkan. Kemudian, kapan sebenarnya waktu yang tepat untuk mengajukan kredit kendaraan?

Berikut, adalah beberapa pertimbangan yang wajib Anda ketahui:

Harga sesuai

Apa kendaraan yang benar-benar Anda butuhkan?

Bagaimana spesifikasi yang Anda inginkan? Pertanyaan tersebut, dapat dijadikan pedoman saat Anda memutuskan ingin mengajukan kredit kendaraan. Langkah awal yang bisa dilakukan adalah dengan mulai melihat-lihat, membandingkan, dan mengecek harga.

Harga kendaraan merupakan sebuah hal yang penting, sebab dari harga itulah Anda dapat mengetahui besarnya uang muka dan cicilan yang nantinya dilaksanakan.

Bila ingin harga yang terjangkau, pilihlah kendaraan baru yang memiliki tahun produksi tahun sebelumnya. Sebab, biasanya kendaraan tersebut akan lebih murah dibanding kendaraan baru yang memang keluar di tahun yang sama. Untuk itu, awal tahun bisa merupakan waktu yang cocok bagi Anda untuk ajukan kredit kendaraan.

Bunga sesuai

Setiap kredit selalu ada bunga. Nantinya, bunga ini akan menentukan besar kecilnya cicilan Anda. Cobalah untuk mengajukan permohonan KKB saat bunga sedang turun, atau ada promo bunga khusus yang ditawarkan oleh lembaga penjamin. Lalu, coba bandingan beberapa bunga dari berbagai bank, atau lembaga pembiayaan tersebut.

Cara mudahnya adalah dengan membandingkannya secara online. Jika Anda bisa mendapat lembaga penjamin yang memberi bunga tetap, tentu hal ini akan menguntungkan. Sebab, Anda bisa melakukan angsuran dengan bunga rendah sepanjang masa pinjaman.

Lembaga penjamin sesuai

Taruhlah Anda sudah mengantongi harga pasti kendaraan. Ditambah lagi, Anda juga sudah tahu rata-rata bunga di bulan ini.

Untuk itu, langkah selanjutnya adalah mempertimbangkan lembaga penjamin yang tepat. Pastikan bahwa lembaga penjamin yang Anda gunakan nantinya adalah lembaga yang terpercaya dan memiliki reputasi baik sepanjang tahun.

Cobalah untuk bertanya opini dari teman, saudara, atau tetangga Anda tentang lembaga penjamin terbaik. Bisa juga dengan membaca berbagai macam ulasan yang beredar di internet.

Asuransi sesuai

Setelah menemukan lembaga penjamin terpercaya, kemudian bandingkan produk KKB yang ditawarkan masing-masing lembaga. Selain membandingkan berapa uang muka minimal yang harus dibayarkan dan besar bunga yang dikenakan, lihat pula perusahaan asuransi kendaraan yang dipakai.

Langkah ini cukup penting, agar menghemat uang di kemudian hari. Sebab, kendaraan Anda nantinya akan berurusan langsung dengan perusahaan asuransi yang Anda pilih saat terjadi klaim.

 

Sumber: viva.co.id