Tips Pengelolaan Keuangan Untuk Mahasiswa

By on 24 November 2014 | Artikel ini Sudah di baca 2.564 kali
Keuangan Mahasiswa

Perencanaan Keuangan – Sebagai seorang mahasiswa, sudah saatnya kamu menguasai beberapa kemampuan penting yang akan membantumu hidup mandiri dan lepas dari bayang-bayang orang tua, salah satunya adalah kemampuan mengelola keuangan. Tidak ada salahnya kamu menguasai kemampuan ini dari sekarang, paling tidak supaya di akhir bulan kamu bisa mencoret mie instan dari daftar menu utamamu. Simak 5 tips berikut Tips Pengelolaan Keuangan Untuk Mahasiswa yang dilansir dari DompetPintar.Com bagi kamu-kamu yang saat ini masih terdampar di bangku kuliah.
 
Buatlah budget bulanan

Catat semua pengeluaran dan pemasukanmu. Anggarkan dana untuk kebutuhan wajib seperti biaya kuliah, uang kos, uang buku dan uang makan. Setelah itu, anggarkan juga untuk kebutuhan-kebutuhan sekunder seperti hiburan, pakaian dan tabungan. Jangan pernah malas untuk mencatat semua aktivitas keuanganmu, dan lakukanlah pengecekan di akhir bulan apakah anggaran telah sesuai dengan kenyataan?

Bedakan KEBUTUHAN dan KEINGINAN

Selalu tanyakan pada diri sendiri jika kamu hendak membeli sesuatu, apakah barang tersebut memang kamu BUTUHkan atau hanya sekedar keINGINan? Sebisa mungkin jangan mengalah kepada dorongan spontan untuk membeli sesuatu. Pikir matang-matang dan sesuaikan dengan budget bulanan yang sudah kamu buat.

Berhemat

Lakukan penghematan yang masih membuat kamu cukup nyaman. Kalau kamu termasuk individual yang sosial, carilah teman untuk berbagi kamar kos. Kalau kampus kamu tidak terlalu jauh dari rumah atau kos, cobalah berjalan kaki atau meminta teman yang searah menjemputmu.

Jaga kesehatan

Biaya berobat bisa menjadi batu sandungan tersendiri dalam pengelolaan keuangan karena sifatnya yang tidak terduga. Oleh karena itu, biasakan diri untuk hidup sehat dan teratur. Tidurlah yang cukup, makan yang seimbang dan perbanyak minum air putih.

Cari pekerjaan sampingan

Meski kewajiban utamamu adalah belajar, tidak ada salahnya mencoba untuk mulai menghasilkan uang sendiri. Cobalah mencari pekerjaan part-time ataupun freelance yang masih memungkinkan untuk fokus pada pendidikan. Kamu bisa coba melamar menjadi asisten lab, ikut serta dalam riset kampus atau riset marketing komersial.

Selamat mengatur keuangan!

 

 

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Pakar Investasi Apps di Android Anda.