Tips Mutakhir Menghemat Biaya Listrik

By on 4 September 2014 | Artikel ini Sudah di baca 1.904 kali
Hemat Listrik

Perencanaan Keuangan – Menghemat uang adalah sulit bagi beberapa orang dan mudah bagi orang lain. Beberapa orang yang pemboros menjadi boros karena dorongan kompulsif, sedang yang lain tidak tahu bagaimana cara agar dapat sedikit  menghemat  dalam kehidupan sehari-hari. Penghematan-penghematan kecil benar-benar dapat meningkatkan jumlah tabungan dalam setahun. Mengapa menghabiskan lebih banyak uang pada apa yang Anda sukai  daripada pada apa yang seharusnya memang harus Anda keluarkan? Ada banyak cara untuk menghemat uang, dan salah satu cara untuk membuat perbedaan dalam anggaran Anda adalah  dengan menghemat biaya listrik. Hal ini dapat dilakukan dengan cara yang sangat kecil yang dapat membuat perbedaan besar dalam seberapa banyak Anda mengeluarkan kocek untuk listrik setiap bulan.

Menghemat  biaya listrik adalah sesuatu yang semakin banyak dilakukan oleh setiap keluarga. Hal ini karena mungkin dalam cashflow quadrant seperti yang diteorikan oleh Robert Kiyosaki, hanyalah kalangan pekerja yang antara penghasilan dan kebutuhan kian hari kian berbanding terbalik. Selain itu karena banyak yang kehilangan pekerjaan dan rumah namun harus menemukan cara-cara baru untuk membayar tagihan. Mereka ini memiliki lebih sedikit uang setiap bulan dan hutang-hutang baru yang tidak mereka miliki sebelumnya. Jika Anda menyimpan sedikit uang di semua aspek  kehidupan Anda, simpanan dari penghematan  ini dapat digunakan untuk membayar kebutuhan yang lain, atau dapat digunakan sebagai dana darurat. Dana darurat sangat penting di waktu-waktu yang tak terduga.

Pikirkan dulu tentang apa yang Anda miliki di rumah yang paling banyak mengkonsumsi listrik. Anda memiliki alat-alat besar yang Anda gunakan sehari-hari, dan sebagian harus dinyalakan sepanjang  waktu. Anda tidak bisa mematikan kulkas Anda untuk menghemat  listrik, namun Anda dapat  memperoleh model energi yang efisien. Kebanyakan peralatan yang dibuat dewasa ini lebih efisien dalam konsumsi energi dibandingkan puluhan tahun sebelumnya. Investasi awal untuk menggantikan semuanya alat yang lama dapat cukup tinggi, namun hadiah akan segera datang. Mereka membayar untuk diri mereka sendiri dengan relatif cepat. Carilah penjualan khusus dan rabat yang menawarkan model peralatan hemat energi untuk rumah Anda.

Matikan televisi atau komputer Anda bila Anda tidak menggunakannya. Ini adalah cara yang bagus untuk menghemat biaya listrik. Sekali lagi di sini dikatakan menghemat biaya listrik, bukan menghemat listrik. Supaya Anda sadar bahwa menghemat listrik itu akan membuat Anda menghemat biaya. Beberapa orang membiarkan alat-alat ini tetap menyala karena seseorang mengatakan kepada mereka bahwa mematikan alat-alat tersebut menghabiskan biaya. Itu tidak benar. Tidak hanya Anda harus mematikannya, Anda harus mencabut kabel-kabel yang tertancap di stop kontak juga. Jika Anda membiarkan  kabel-kabel tersebut melekat di stop kontak, cukup matikan tombol ketika alat listrik Anda tidak digunakan. Item ini masih akan menggunakan daya meskipun dimatikan. Menekan tombol off  jika tidak digunakan atau bahkan  mencabut kabel-kabel dapat menghemat  banyak sekali biaya listrik.

Anda dapat menghemat biaya listrik dengan menggunakan lampu hemat energi di rumah Anda. Memang lampu hemat energi  bukan cahaya terbaik untuk segala  situasi, menggunakannya di sebagian besar kamar di rumah Anda akan menghemat biaya listrik. Harganya sedikit lebih mahal dari bola lampu yang biasa Anda beli, namun harganya jauh lebih murah saat telah digunakan dan juga akan bertahan lebih lama. Gunakan timer lampu ketika Anda pergi daripada meninggalkan lampu menyala sepanjang hari untuk mencegah pencuri. O ya, sebenarnya timer dapat digunakan bukan hanya untuk lampu. Untuk alat-alat elektronik lain, bahkan mesin pompa airpun bisa! Nah, bagi Anda yang belum mengenal timer lampu, silahkan browsing-browsing sendiri di Mbah Google ya?! Suwer dah penulis bukan agen timer lampu!

Terlepas dari apakah Anda akan menggunakan timer atau tidak, matikan lampu ketika Anda meninggalkan ruangan, dan mintalah keluarga Anda untuk melakukan hal yang sama. Jangan terlalu boros dengan listrik di siang hari. Misalnya: Anda dapat mematikan lampu di siang hari, membatasi jam anak Anda bermain PS, atau hanya menyalakan AC di kondisi-kondisi tertentu. Tambahkan semua ini bersama-sama dan Anda dapat menghemat biaya listrik dengan mudah.

Apabila Anda benar-benar mau menghemat biaya listrik secara ekstrim mungkin juga sudah saatnya Anda berpindah pada upaya membangun pembangkit listrik tenaga kotoran keluarga yang tidak terlalu menghabiskan biaya. Serius ini bukan bercanda. Kapan-kapan mungkin kami akan menulis tentang konsep tersebut karena teknologinya juga mudah. Sabar ya!?

 

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Pakar Investasi Apps di Android Anda.