Tips Mengajari Anak Mengatur Uang Saku

By on 23 Juli 2014 | Artikel ini Sudah di baca 2.134 kali
Menabung

Perencanaan Keuangan – Tahun ajaran baru sudah dimulai dan anak-anak Anda pun sudah balik bersekolah. Mereka akan mempelajari banyak hal-hal baru, mulai dari matematika dan sastra, di kelas.

Tapi, Anda juga bisa turut serta mengajari mereka ilmu baru, dan satu ilmu yang orang tua wajib turunkan ke anak-anak adalah manajemen keuangan.

Anda bahkan bisa mulai mengajarkan anak Anda tentang keuangan saat anak-anak Anda masih di taman kanak-kanak (TK).

Berikut adalah cara-cara mengajarkan anak-anak Anda yang masih dalam usia

Usia 3-5 tahun

  • Ajarkan anak Anda tentang kepemilikan. Ini akan menjadi dasar mengajarkan anak Anda tentang uang. Dia harus mengerti bahwa tidak mungkin dia memiliki semua hal.
  • Ketika anak Anda meminta dibelikan sesuatu yang tidak pentig saat di mal, Anda harus bisa menolaknya dengan mengatakan bahwa Anda pergi berbelanja bukan untuk membelikan dia mainan, tapi untuk membeli makanan untuk keluarga. Anda bisa bilang bahwa dia harus menugu giliran untuk dibelikan sesuatu.
  • Jangan menyerah jika anak Anda mulai merengek atau nangis. Cukup bawa dia keluar toko untuk menenangkan dia. Jika Anda selalu menyerah, maka anak Anda akan belajar bahwa dia bisa mendapatkan yang dia mau hanya dengan menangis.

Usia 6-11 tahun

  • Ajarkan anak Anda untuk berusaha untuk mendapatkan uang. Ini akan membuat anak Anda lebih menghargai uang. Anda bisa memberi anak Anda “bonus” jika mendapat nilai baik dan membantu bersih-bersih di rumah. Taruh uang “bonus” di dalam celengan.
  • Jika anak Anda ingin sesuatu yang mahal, Anda bisa bilang bahwa dia harus bisa menabung “bonus” dia untuk membeli sendiri benda yang dia mau.
  • Ajarkan anak Anda membuat keputusan keuangan. Beri uang jajan secukupnya supaya anak tidak bisa membeli semua yang dia inginkan. Lalu, ajarkan dia cara mengambil keputusan untuk memilih membeli sesuatu.
  • Ajarkan dia perbedaan antara “perlu” dan “ingin”. Jika dia masih bisa mengantikan barang yang dia mau dengan yang lebih murah, atau dengan yang serupa, maka dia tidak perlu membeli barang tersebut.

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda punya kiat-kiat sendiri bagaimana mengajarkan anak-anak tentang cara mengatur keuangan?

 

Sumber: www.HaloMoney.co.id

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Pakar Investasi Apps di Android Anda.