Tips Mempersiapkan Pernikahan Dengan Budget Minim!!

By on 3 Desember 2014 | Artikel ini Sudah di baca 3.381 kali

Perencanaan Keuangan – Dengan harapan hanya akan menikah sekali seumur hidup, banyak orang menginginkan untuk memiliki pesta pernikahan yang berkesan. Namun sayangnya, dana menjadi kendala utama bagi banyak orang. Dana pernikahan bagi banyak masyarakat Indonesia masih menjadi pengeluaran dadakan sehingga saat momen pernikahan semakin dekat, kepanikan pun semakin menjadi-jadi. Alhasil, cara terakhir yang lantas ditempuh adalah BERHUTANG.

Sangat disayangkan sekali jika Anda memulai menjalani pernikahan dengan beban hutang. Hidup baru yang seharusnya diisi dengan rencana membeli rumah masa depan terpaksa tertunda karena kewajiban untuk melunasi hutang. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, ada baiknya Anda mempersiapkan dana sejak dini. Jangan sungkan untuk melakukan apapun, termasuk mengencangkan ikat pinggang selama beberapa lama dan menghindari kegiatan yang sifatnya membuang uang. Selain persiapan dini, berikut beberapa tips persiapan pernikahan dengan budget minimal :

Tentukan besaran alokasi dana dan penyandang dananya

Penyandang dana pernikahan tentunya berbeda-beda di setiap keluarga bergantung pada tradisi dan budaya di keluarga tersebut. Namun jika Anda yang menjadi penyandang dana utamanya, sebaiknya Anda mulai mengalokasikan tabungan khusus untuk ini paling tidak dua tahun sebelum menikah. Namun, siapapun penyandang dananya, sesuaikan konsep pernikahan Anda dengan budget dana yang dimiliki.

Resepsi Pernikahan di rumah

Jika Anda memiliki budget terbatas, tidak usah memaksakan untuk menyewa gedung atau tempat khusus untuk menikah. Pergunakan saja halaman depan rumah Anda, tinggal pasang tenda di jalan depan rumah, dan voila, tempat resepsi Anda sudah tercipta!

Minimalisir jumlah tamu

Batasi jumlah undangan menjadi saudara dan teman-teman dekat. Sebagai orang tua, bapak dan ibu Anda tentu ingin mengundang kawan dan kolega mereka, karena bagaimanapun juga menikahkan seorang anak adalah sebuah pencapaian bagi orang tua. Siasati hal ini dengan berbicara dari hati ke hati dengan orangtua, coba yakinkan mereka bahwa yang terpenting adalah sahnya Anda dan pasangan sebagai suami istri.

Undangan online

Jangan menghambur-hamburkan uang untuk mencetak undangan dalam jumlah banyak yang hanya akan berakhir di tempat sampah. Cobalah untuk menyebarkan undangan via Facebook. Jika masih terasa kurang, mintalah teman Anda yang jago web design untuk membuatkan web sederhana berisi kisah pernikahan Anda dan pasangan dengan imbalan makan malam.
 
Katering

Jangan salah pilih untuk urusan katering karena budget pernikahan terbesar ada di sini. Pilih vendor catering yang memiliki makanan yang enak dengan dekorasi yang menawan. Selalu lakukan test food terlebih dahulu sebelum mengambil keputusan. Bila perlu, lakukan lebih dari sekali untuk mengetahui konsistensi sang vendor utamanya dari segi rasa. Dan jangan lupa untuk melakukan perhitungan akurat untuk jumlah tamu sehingga Anda bisa menyesuaikan jumlah hidangan tanpa membuang makanan dan menambah budget.

Perbantukan teman

Apa gunanya memiliki teman jika tidak diberdayakan? Apabila Anda memiliki teman yang hobi ngemsi, jangan sungkan untuk memintanya menjadi MC pernikahan Anda tentunya dengan potongan harga, atau gratis jika Anda benar-benar dekat dengannya. Demikian juga halnya dengan band, fotografer dan videographer.

Pilih souvenir hemat

Tak usah berusaha menjadi yang paling unik dengan meng-custom souvenir. Cukup kunjungi pasar-pasar daerah yang menjual souvenir yang sudah jadi dan tambahkan nama Anda dan pasangan. Simple dan murah! Jangan lupa selalu memakai Catering Murah Jakarta

Sumber: dompetpintar.com