Tips Memperoleh Biaya Untuk Kuliah

By on 27 Oktober 2014 | Artikel ini Sudah di baca 2.831 kali
Berhasil Kuliah

Perencanaan Keuangan – “Raihlah cita-citamu setinggi bintang di langit.” Apakah Anda selalu mempunyai impian untuk meraih pendidikan setinggi-tingginya? Bagaimana jika uang tak cukup untuk meneruskan pendidikan Anda ke bangku universitas?

Jangan khawatir apalagi putus asa, coba dulu beberapa tips berikut ini, masih ada jalan buat yang bersemangat dan mau bekerja keras. Sudahkah Anda mengeksplor lebih jauh tentang cara-cara di bawah ini?

5 tips untuk membiayai kuliah Anda:

1. Pilihlah universitas dengan cermat – Tentu kita menginginkan bersekolah di universitas dengan reputasi baik, yang menghasilkan lulusan-lulusan yang matang, dewasa dan siap kerja. Namun, perlu diingat jangan hanya termakan tingkat kepopuleran sekolah, namun pilihlah yang memiliki reputasi baik sesuai jurusan.

2. Cari tahu bantuan dana pendidikan yang tersedia di universitas Anda. Pastikan Anda memanfaatkan fasilitas ini sebaik-baiknya, banyak perusahaan yang bekerjasama dengan universitas untuk memberikan bantuan dana pendidikan sebagai bagian dari program sosial perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) efforts. Coba baca liputan tentang program beasiswa dari Sinar Mas Group di sini. Mayoritas jika tidak semua universitas juga menyediakan jasa konsultasi kepada murid-muridnya untuk  menjaga kesejahteraan siswa.

3. Bekerja sambil belajar. Bisa mencari pekerjaan di sekolah sebagai asisten dosen/ pengawas lab,/ penjaga perpustakaan, bisa juga di luar sekolah seperti kerja-dari-rumah (work-from-home arrangement). Jangan lupa manfaatkan waktu liburan Anda sebaik-baiknya

4. Sering-sering mengikuti perlombaan/kompetisi. Banyak kompetisi yang diadakan perusahaan-perusahaan untuk mencari bakat di universitas-universitas. Banyak dari lomba ini yang menghadiahkan pemenangnya berupa uang tunai.

5. Coba daftar beasiswa. Untuk Anda yang baru akan mendaftar di universitas, persiapkanlah diri Anda sebaik mungkin pada saat tes pendaftaran. Seringkali, calon-calon siswa yang memiliki hasil tes terbaik akan ditawarkan beasiswa oleh sekolah tersebut, karena universitas juga berharap agar si murid tersebut memilih untuk bersekolah di tempat mereka serta berprestasi untuk mengharumkan nama universitas. Bagi Anda yang sudah duduk di bangku universita, belajarlah sebaik-baiknya, banyak universitas yang menawarkan program beasiswa bagi murid-murid terbaiknya.

Nah, itu dia 5 tips untuk membantu Anda memperoleh biaya kuliah. Semoga bisa membantu Anda agar tidak terhambat untuk mencapai cita-cita setinggi langit. Jangan hanya karena tidak mempunyai biaya, Anda harus menanggalkan cita-cita Anda, karena pasti banyak cara untuk meraih keberhasilan. Semoga berhasil!!

 

 

 

 

Sumber: dompetpintar.com