Tips Memilih Asuransi Rumah

By on 31 Juli 2014 | Artikel ini Sudah di baca 2.309 kali

Perencanaan Keuangan & Asuransi – Asuransi rumah tidak terlepaskan bagi Anda yang memiliki rumah. Asuransi rumah juga diperlukan saat Anda mengajukan kredit pemilik rumah (KPR) pada bank.

Memang, asuransi rumah bukanlah sesuatu yang murah, tapi akan sangat berguna ketika sesuatu tidak mengenakan menimpa hunian Anda, seperti kebakaran ataupun banjir.

Jadi, agar Anda mendapat layanan dan perlindungan maksimal, perhatikan hal-hal berikut saat Anda mencari asuransi rumah.

1. Pilih perusahaan asuransi yang bonafit

Ini sudah pasti tentunya. Pilihlah perusahaan asuransi yang besar dan memiliki track record yang baik. Anda bisa mengetahui ini dari bertanya-tanya pada kenalan Anda, khususnya mereka yang bekerja di bidang properti.

Perusahaan asuransi biasanya bekerja dengan perusahaan reinsurance, yang berperan sebagai perusahaan asuransi bagi perusahaan asuransi. Perusahaan reinsurance ini adalah yang bertanggung jawab dalam menangani claim Anda. Jadi, memilih perusahaan asuransi yang bagus juga penting agar menjamin bahwa klaim Anda akan ditangani reinsurance bonafit juga.

2. Perhatikan pengecualian dalam kontrak

Perusahaan asuransi tidak akan menutup segalam macam claim atas rumah Anda. Misalnya, mereka tidak akan menutup kebakaran yang disebabkan oleh faktor kesengajaan. Ada pula beberapa bencana, seperti tanah longsor, yang tidak ditutup oleh asuransi.

Jadi, pastikanlah bahwa kontrak asuransi Anda tidak sempit dan malah, tidak membawa keuntungan apapun bagi Anda.

3. Pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan

Makin besar premi yang Anda bayar, makin besar pula perlindungan yang Anda dapatkan. Jika Anda mempunyai uang yang cukup, mengambil paket asuransi tertinggi memang enak karena perlindungan komprehensif yang ditawarkan.

Jika Anda enggan membayar premi yang tinggi, pilihlah paket asuransi yang benar-benar memberikan perlindungan sebanyak yang Anda butuhkan. Misalnya, jika Anda tinggal di daerah bebas banjir, maka Anda tidak perlu memasukan klausul perlindungan banjir ke dalam paket asuransi Anda.

4. Prosedur klaim yang mudah

Pelajari juga prosedur klaim perusahaan asuransi tersebut. Sebagai pemegang polis, Anda pasti mau prosedur klaim yang tidak berbelit-belit. Selain bertanya pada agen asuransi, Anda juga bisa bertanya pada kenalan Anda yang sudah memiliki pengalaman mengurus klaim dengan perusahaan asuransi tersebut.

Pencarian asuransi rumah bisa dimulai secara online dengan mencari informasi mengenai paket yang ditawarkan berbagai perusahaan asuransi. Jika Anda kebetulan mencari asuransi untuk rumah yang Anda akan beli, Anda juga bisa menemukan kredit pemilik rumah (KPR) dengan bantuan alat perbandingan KPR berikut ini.

 

Sumber: www.HaloMoney.co.id

 

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Pakar Investasi Apps di Android Anda.