Tips Bermain Saham

By on 24 Juni 2013 | Artikel ini Sudah di baca 3.630 kali

Tips Bermain Saham

Dalam berinvestasi saham tentunya tidak akan lepas dari namanya risiko, bahkan hal ini tidak mempedulikan apa saja bentuk jenis investasi. Untuk berinvestasi dalam pasar modal memang mempunyai risiko tertentu, dari risiko tersebut tentu lebih tinggi ketimbang jenis investasi yang lebih rendah tau bahkan risikonya mendekati 0% layaknya yang terdapat pada tabungan deposito yang berjangka.

Dengan mengetahui beberapa risiko yang bisa ditanggung pelaku investasi yang menanamkan modalnya pada pasar modal, maka ada baiknya anda memperhatikan tips untuk bermain saham yang mungkin bisa berguna dalam membantu kegiatan investasi yang anda lakukan. Perhatikan ketika melakukan pembelian produk untuk investasi usahakan untuk jangan membeli sesuatu yang memang belum anda mengerti dengan jelas. Oleh karena itu sebelum anda melakukannya anda juga perlu mempelajari buku-buku referensi dari beberapa sumber. Berikut ini tips investasi dalam bermain saham:

  • Tips yang pertama

Apabila anda menjatuhkan pilihan pada produk seperti saham, lalu anda harus juga memilih perusahaan yang sekiranya anda jadikan sasaran dalam berinvestasi. Perlu juga anda lakukan suatu analisis fundamental yang mana aktivitas penyelidikan melalui segi fundamental dari sebuah perusahaan maupun kinerjanya, namun hal ini dilakukan apabila saham perusahaan tersebut sudah diperdagangkan pada bursa.

  • Tips yang kedua

Apabila perusahaan yang menjadi sasaran anda itu melakukan penggabungan, re-organisasi atau bahkan menjadi sasaran penawaran sebuah tender yang pada akhirnya bisa mengurangi kepemilikan anda, maka oleh karena itu anda juga harus benar-benar memperhatikan secara penuh atas kemungkinan yang bisa terjadi.

  • Tips yang ketiga

Memang pada umumnya kondisi dari bursa efek mempunyai kecenderungan atau trend harga serta jumlah penjualan yang dapat menjadi gambaran bagi kita untuk menentukan waktu terbaik melakukan aktivitas jual beli saham. Sebuah analisa yang biasa kita kenal dengan “analisa teknikal” itu memang harus kita pelajari khususnya para pelaku investasi sebab hal ini akan sangat mempengaruhi keputusan dari investor saat terjadi transaksi penjualan maupun pembelian saham. Untuk itu dengan mempelajari beberapa jenis analisis maka anda bisa mendapatkan suatu data riset dari sebuah divisi riset mengenai perusahaan efek anda.

  • Tips yang keempat

Pada jenis skala mikro, suatu kinerja dari investasi pada bursa efek memang begitu berpengaruh dengan kondisi suatu perekonomian yang ada, selain itu juga stabilitas politik dan juga kinerja dari bursa efek turut menjadi faktor penting yang memengaruhinya. Suatu keadaan bursa juga menjadi sangat sensitif akan banyaknya hal yang bersifat subjektif. Jadi disini anda perlu mengikuti perkembangan informasi yang ada supaya dapat berpengaruh juga pada bisnis anda agar nilainya menjadi lebih baik.

  • Tips yang kelima

Biasanya risiko yang lebih besar itu terkandung di dalam suatu perusahaan yang pada dasarnya informasi yang dimilikinya tidak di publikasikan. Jadi anda harus tetap waspada dalam menentukan pilihan.

  • Tips yang keenam

Untuk pertama kalinya anda membeli sebuah saham, mungkin yang anda lakukan hanya membelinya begitu saja pada sebuah perusahaan. Akan tetapi untuk kedepannya anda bisa menambah investasi anda. Apabila anda sudah berada dalam tahapan ini, maka yang perlu anda perhatikan adalah prinsip – prinsip berinvestasi yang sangat populer yang bisa meminimalkan sebuah risiko dalam berinvestasi.

Itu tadi beberapa tips bagi anda yang berinvestasi saham, sehingga dari situ anda bisa banyak belajar dalam bermain saham pada perusahaan yang menjadi target sasaran anda. Untuk kedepannya diharapkan investasi saham yang anda lakukan dapat mendapatkan profit yang menguntungkan.