Tips Berhemat Saat Anda Memiliki Bayi

By on 3 November 2014 | Artikel ini Sudah di baca 3.051 kali
Tips Berhemat Saat Anda Memiliki Bayi

Perencanaan Keuangan – Memiliki bayi tentulah membawa kebahagiaan tersendiri bagi Anda dan keluarga. Tetapi Anda harus berhati-hati dalam mengatur pengeluaran Anda, jika tidak bisa-bisa Anda tidak memiliki tabungan untuk masa depan anak Anda.

Coba simak beberapa cara yang bisa membantu Anda mengatasi masalah ini. Cara Berhemat Saat Punya Bayi yang dikutip dari dompetpintar.com:

1. Utamakan ASI, susu formula hanya untuk pelengkap

Selain karena manfaat ASI yang luar biasa untuk membantu antibodi dan asupan gizi paling sempurna yang mudah diserap oleh bayi, juga untuk membentuk hubungan kasih sayang yang kuat antara ibu dan anak, dari segi ekonomis ASI juga akan membantu mengurangi pengeluaran untuk susu formula. Tentu tetaplah perlu berjaga-jaga membeli susu formula untuk saat-saat dimana sang ibu sedang sakit, atau hal-hal mendadak lainnya.

2. Buatlah makanan bayi sendiri di rumah

Memang banyak makanan bayi instan hasil keluaran pabrik yang ada di pasaran saat ini, namun jika dibandingkan dengan membuat makanan bayi sendiri di rumah, tentulah manfaatnya jauh lebih besar. Selain karena gizinya yang terjamin karena Anda bisa mengatur dan memonitor dengan baik, Anda juga menghindari asupan-asupan yang kurang baik bagi bayi, seperti misalnya bahan pengawet. Jika Anda bandingkan, membuat makanan bayi sendiri di rumah, pada akhirnya juga membawa manfaat tersendiri untuk dompet Anda.

3. Batasi pengeluaran untuk baju

Memang wajar untuk bersemangat menyambut kedatangan anggota keluarga yang baru, apalagi untuk pasangan yang menunggu kehadiran anak pertamanya, tetapi perlu juga diperhatikan untuk tidak berlebihan dalam membeli baju-baju bayi. Perlu diingat bahwa bayi tumbuh dengan sangat pesat, dan dengan segera baju yang baru saja Anda beli, tau-tau sudah tidak muat lagi dipakai oleh si kecil. Ada baiknya juga jika Anda memilih tipe-tipe dan warna baju yang unisex sehingga bisa dipakai oleh bayi perempuan/laki-laki. Ini akan bermanfaat karena baju-baju tersebut kemudian dapat ‘diwariskan’ kepada adiknya.

4. Konsultasi ke dokter melalui telepon

Memang mudah untuk cepat panik jika ada perihal yang mengganjal tentang buah hati Anda, akan tetapi sebelum Anda bergegas ke dokter/klinik terdekat, ada baiknya jika Anda berkonsultasi dulu lewat telepon atau sms kepada Dokter apalagi untuk urusan-urusan yang tidak berbahaya. Ini akan bermanfaat untuk mengurangi biaya konsultasi yang sebenarnya tidak perlu.

5. Cermati promosi dan diskon produk-produk bayi

Supermarket atau departemen store sering-sering mengadakan program-program diskon untuk produk si bayi, cermatilah dan ambil kesempatan terbaik Anda untuk berhemat di saat-saat seperti ini. Rajin mencari tahu info tentang promosi bisa membuat Anda terheran-heran dengan dampak baiknya untuk kantong Anda.

6. Jangan berlebihan dalam membeli peralatan bayi

Batasi seperlunya saja untuk usianya dan jangan membeli untuk keperluan jauh di kemudian hari. Selain takut barang tersebut menjadi lapuk karena waktu, biasanya setelah kelahiran bayi Anda akan menerima banyak hadiah dr teman terdekat/keluarga yang berkunjung. Jika dirasakan pas, boleh juga Anda berbagi ide dengan sahabat/ keluarga, kado apa yang paling berguna untuk si bayi, sehingga Anda tidak akan berakhir dengan terlalu banyak botol susu tapi tidak ada mesin pemroses makanan bayi misalnya.

Nah, demikian beberapa tips yang dapat kami berikan untuk bisa mengatur keuangan Anda guna memenuhi kebutuhan Anda sebagai seorang ibu dan pengatur keuangan rumah tangga. Semoga bermanfaat ya!!

 

 

 

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Pakar Investasi Apps di Android Anda.