Tips Bagaimana Memilih Perusahaan Sekuritas yang Terbaik

By on 29 Desember 2015 | Artikel ini Sudah di baca 607 kali

Investasi Saham – Apabila Anda ingin melakukan investasi di bidang saham, tentu Anda harus memilih sebuah perusahaan sekuritas yang baik, akan tetapi yang menjadi persoalan kai ini adalah bagaimana memilih perusahaan sekuritas yang terbaik. Seperti diketahui bersama bahwa saat ini ada banyak sekali perusahaan sekuritas yang berdiri, hal tersebut sedikit banyak akan membuat Anda merasa bingung bagaimana cara memilih perusahaan yang baik. Berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara memilih perusahaan sekuritas yang baik, dan tentunya berkompeten di bidangnya :

1. Memiliki izin

Hal pertama yang harus Anda ketahui ketika memilih sebuah perusahaan saham adalah apakah perusahaan terserbut memiliki izin atau tidak. Perusahaan pialang yang baik tentunya harus mempinyai beberapa izin seperri dari ijin Wakil Perantara Pedagang Efek yang disebut dengan WPPE, Wakil Managemen Investasi atau yang disingkat WMI, Wakil Penjamin Emisi atau disingkat menjadi WPE, dan kesemua izin tersebut dikeluarkan oleh Bapepam. Jika perusahaan tersebut ingin terdaftar di BEI maka perusahaan tersebut harus mempunyai izin dari Surat Persetujuan Anggota Bursa atau disingkat menjadi SPAB, dengan adanya beberapa legalitas dari lembaga-lembaga yang terkait di bidangnya maka dana yang akan Anda investasikan akan terlindungi.

2. Berpengalaman

Pastikan perusahaan yang akan Anda pilih memiliki pengalaman untuk mengelola dana investasi dari para nasabah dengan baik. Lama atau tidaknya sebuah perusahaan berdiri belum tentu jaminan bahwa perusahaan tersebut baik. Untuk mengetahui hal ini, ada baiknya jika Anda mencari informasi mengenai kredibilitas perusahaan ini di berbagai media, baik online maupun offline.

3. Memiliki kemampuan riset yang baik

Sebuah perusahaan pialang yang baik, harus mempunyai analis yang baik, dan mereka ini yang akan menganalisa pererakan harga saham sebelum memutuskan sesuatu. Riset yang akan diambil tentunya bukan asal, melainkan berdasarkan hasil analisa mendalam dari berbagai sumber.

4. Bersih dari sanksi

Ada baiknya jika Anda memeriksa apakah perusahaan sekuritas yang hendak dimasuki tersebut bersih dan bebasari berbagai macam sanksi, seperti sanksi dari otoritas bursa, dll. Ada baiknya jika Anda memilih perusahaan yang memiliki track record yang bersih dan dari berbagai macam pelanggaran. Selain itu perusahaan tersebut juga harus dapat mengelola dana nasabah dengan baik, dan tidak asal masuk pasar saham, karena hal itu sedikit banyak akan merugikan para nasabah.

5. Jumlah investor

Perhatikan juga jumlah investor yang masuk ke perusahaan tersebut, perhatikan juga penanganan dan pelayanan yang diberikan oleh perusahaan tersebut. Jika penanganan dan pelayanan yang diberikan baik, maka para investor tentu akan merasa senang. Dengan begitu tentunya akan banyak sekali investor yang tertarik untuk melakukan invest di perusahaan tersebut.

6. Modal dan liqiuditas

Sebelum Anda bergabung dalam perusahaan sekuritas ada baiknya jika Anda mempelajari perusahaan tersebut, berapa modal yang harus Anda keluarkan, bagaimana cara penanganan modal, bagaimana cara mencari transaksi. Semakin besar modal yang Anda keluarkan, maka akan semakin baik juga penanganan dana dari perusahaan sekuritas tersebut.

7. Data real time

Data yang harus dikeluarkan oleh perusahan tersebut harus baik. Ada sebuah data real time yang akan dikeluarkan oleh bursa saham, dengan adanya data-data seperti ini tentunya para perusahaan sekuritas akan mengetahui tentang pergerakan harga saham dan akan selalu memberikan data real time kada investor.

8. Komisi / biaya transaksi

Setiap melakukan transaksi di bursa saham, akan ada komisi yang akan dibayarkan oleh para investor. Perhatikan dan hitung dengan baik, apakah komisi tersebut tidak memberatkan atau tidak. Tidak ada salahnya jika anda memilih komisi yang tidak terlalu mahal. Anda juga dapat mengkonfirmasikan bunga yang akan Anda terima dari hasil deposit di perusahaan tersebut.

9. Transparant

Pastikan perusahaan sekuritas yang akan Anda masuki transparan, dengan demikian anda dapat mengecek setiap transaksi yang akan dilakukan dan bagaimana cara penanganan dana yang Anda miliki.

Demikianlah beberapa informasi tentang bagaimana memilih perusahaan sekuritas yang terbaik, semoga informasi ini berguna untuk Anda.