Tips Agar Tidak Kalah Bersaing dengan Kompetitor Dalam Bisnis Online

By on 25 November 2014 | Artikel ini Sudah di baca 2.249 kali
Bersaing dengan Kompetitor

Start-Up Bisnis – Apapun jenis bisnis yang dijalankan, seorang penjual harus menghadapi kompetitor yang juga menjual produk sejenis. Kecuali dalam pasar monopoli, seorang penjual dituntut untuk mampu berbisnis secara kompetitif agar bisnisnya bisa unggul dari pesaing. Bagi penjual online, jumlah kompetitor yang harus dihadapi relatif lebih banyak sebab ruang lingkup bisnisnya luas. Agar dapat unggul dari kompetitornya, penjual online perlu menerapkan strategi-strategi khusus saat berbisnis.

Sebagai penjual online, pastinya Anda berharap agar konsumen lebih memilih berbelanja di toko online Anda ketimbang toko online kompetitor. Anggota tim divisi seller handbook sebuah situs jual-beli internasional Jeff Shah menyebutkan empat strategi bersaing dengan kompetitor.

Pahami konsumen Anda

Apa kebutuhan konsumen? Apa yang sesungguhnya dicari oleh mereka? Apakah kualitas produk yang Anda jual baik di mata konsumen? Apakah harga yang Anda tetapkan sesuai dengan daya beli konsumen? Pertanyaan-pertanyaan semacam ini perlu Anda temukan jawabannya. Semakin Anda memahami konsumen, semakin besar peluang Anda memenangkan perhatian pembeli agar berbelanja di toko online Anda.

Kenali kompetitor

Memantau ruang gerak kompetitor bisa menjadi alternatif bersaing dengan kompetitor tersebut. Mengetahui strategi mengelola bisnis yang dilakukan kompetitor memberi Anda gambaran tentang “kekuatan” bisnis dari kompetitor yang Anda harus hadapi. Selain itu, apa yang dilakukan kompetitor bisa Anda jadikan referensi sebelum mengambil keputusan bisnis.

Tonjolkan nilai unggul produk Anda

Kecuali Anda menjual produk yang benar-benar baru, Anda perlu menambahkan nilai guna pada produk sehingga memiliki kelebihan dibanding produk kompetitor. Untuk itu, Anda dituntut untuk benar-benar memahami produk yang Anda jual di toko online. Memahami seluk-beluk produk secara komprehensif bisa menjadi sumber ide apa yang harus dikembangkan dari produk Anda. Jika Anda berhasil memberikan kelebihan, tentu saja produk Anda akan lebih unggul dari produk kompetitor.

Terapkan mekanisme berbisnis yang terencana

Rencana atau strategi berbisnis adalah kunci sukses yang paling penting agar bisa bersaing dengan kompetitor. Bagaimana Anda mengolah bahan baku atau memasok produk hingga pesanan sampai di tangan pembeli ikut menentukan keberhasilan toko online Anda dibanding toko online kompetitor.

Apakah Anda memilih bahan baku berkualitas baik? Atau apakah Anda memasok produk dari supplier yang menjual produk berkualitas? Seberapa besar Anda mengambil profit? Seberapa cepat Anda menanggapi pertanyaan dan keluhan pembeli? Apakah Anda memberikan ongkos kirim gratis? Pertanyaan-pertanyaan ini terkait dengan mekanisme bisnis yang Anda terapkan di toko online Anda. Mekanisme kerja yang baik, terstruktur, dan mengedepankan kepuasan konsumen adalah strategi sukses yang paling ampuh dalam bersaing dengan kompetitor.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Oleh Mauren Anindya/netpreneur.co.id