Tetap Setia Pada Rencana Keuangan Anda

By on 17 Juli 2014 | Artikel ini Sudah di baca 3.370 kali
Rencana Keuangan

Perencanaan Keuangan & Asuransi – Anda sudah membuat budget dan kini, Anda akan menghadapi tantangan terbesar: menaati budget Anda. Memang tidak mudah melakukannya.

Diluar pengeluaran tidak terkira namun penting, seperti tiba-tiba harus membeli obat atau membawa kendaraan ke bengkel, selalu saja ada hal yang membuat Anda mengeluarkan uang, termasuk tergiur membeli benda-benda yang sedang diskon.

Diluar pengeluaran mendadak namun penting, ada hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk tetap taat pada rencana keuangan Anda.

Catat pengeluaran Anda

Anda harus membawa buku catatan kecil dimana Anda bisa menuliskan pemasukan dan pengeluaran Anda. Cara ini memungkinkan Anda untuk selalu melacak pengeluaran Anda, dan melihat apakah Anda sudah keluar dari jalur. Anda juga bisa mendownlaod aplikasi smartphone yang membantu Anda mengatur pemasukan dan pengeluaran.

Jangan ikut-ikutan

Memang susah untuk menekan hasrat berbelanja jika Anda sedang jalan-jalan bersama teman-teman yang asyik memanfaatkan diskon. Namun, Anda tidak boleh merasa tidak keren jika tidak ikut-ikutan membeli gadget terbaru seperti teman-teman Anda. Anda harus ingat bahwa keadaan keuangan setiap orang berbeda-beda, dan Anda sepenuhnya bertanggung jawab atas kondisi keuangan Anda dan bukannya teman-teman Anda.

Tahan emosi

Hasrat untuk mengeluarkan uang kadang timbul jika Anda sedang jenuh atau strees. Ada orang-orang yang memilih membeli sepatu baru, dan ada yang ujung-ujungnya membeli banyak makanan.

“Emotional shopping” seperti ini tentunya tidak baik bagi Anda dan dompet Anda. Jika Anda tipe “emotional shopper”, Anda harus bisa menenangkan diri saat mulai gatel berbelanja dan yang paling penting, menjauhi mal dan tempat nongkrong lainnya.

Beri “hadiah” kecil pada diri Anda

Jika Anda berhasil mentaati rencana keuangan, Anda boleh memberi diri Anda “hadiah” kecil seperti eskrim yoghurt kesukaan Anda, ataupun satu buku komik dari penulis kesukaan Anda. “Hadiah” kecil seperti ini akan memotivasi Anda untuk tidak menyerah dan melenceng dari rencana keuangan Anda.

Jika Anda berhasil menaati rencana keuangan Anda dari bulan ke bulan, maka lama-lama Anda akan terbiasa untuk mengikuti rencana keuangan. Jadi, selamat berusaha dan kami yakin Anda bisa!

Sumber: www.HaloMoney.co.id

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Pakar Investasi Apps di Android Anda.