Takut Tak Memiliki Jaminan Hari Tua? Reksa Dana Pensiun Jawabannya!

By on 22 September 2014 | Artikel ini Sudah di baca 1.772 kali
Reksadana Pensiun

Investasi ReksadanaReksa dana pensiun biasanya disponsori oleh majikan, seperti perusahaan, perusahaan publik, industri atau kelompok perdagangan. Oleh karena itu, pengusaha maupun karyawan biasanya berkontribusi. Reksa dana dimungkinkan  dikelola baik secara internal maupun eksternal. Pengembalian Peserta program pensiun yang didukung oleh reksa dana tersebut mungkin murni tergantung pada pasar (iuran pasti reksa dana) atau dapat dilapisi dengan jaminan dari tingkat pengembalian oleh sponsor (dana imbalan pasti). Yang terakhir memiliki fitur asuransi dari rasio penggantian (pensiun sebagai proporsi pendapatan pada saat pensiun) tunduk pada risiko kebangkrutan dari sponsor, serta potensi untuk transfer risiko antara tua dan muda penerima manfaat, yang tidak hadir dalam iuran reksa dana.

Untuk kedua jenis reksa dana, kewajibannya  adalah secara riil (disesuaikan dengan inflasi). Hal ini karena tujuan dari manajemen aset adalah untuk mencapai rasio pengganti pensiun tinggi (pensiun sebagai proporsi dari gaji terakhir) di mana hal itupun ditentukan oleh tingkat pertumbuhan rata-rata penghasilan. Program iuran pasti cenderung tumbuh lebih cepat dari manfaat pasti dalam beberapa tahun terakhir, seiring dengan  upaya majikan untuk meminimalkan risiko kewajiban mereka, sementara karyawan yang mencar reksa dana yang dapat segera dialihkan antara pengusaha.

Karakteristik kunci lanjut dari reksa dana pensiun yang umum untuk investor institusi lainnya meliputi:

  • Risikopooling untuk investor kecil, memperkecil  risiko trade-off yang lebih baik dan return yang lebih besar daripada kepemilikan langsung.
  • Sebuah diversifikasi premium, baik dengan mengadakan penyebaran surat berharga domestik (yang mungkin baik hutang dan ekuitas) dan juga oleh investasi internasional.
  • Preferensi  likuiditas, dan karenanya untuk pasar modal yang besar dan cair, yang dkomoditikan oleh perdagangan standar atau instrumen.
  • Kemampuan  untuk menyerap dan memproses informasi, lebih tinggi dari investor individu di pasar ibukota . Di sisi lain, tidak seperti pinjaman bank, reksa dana pensiun mengandalkan informasi publik dan bukan swasta, yang menghubungkan keinginan kuat mereka untuk likuiditas.
  • Skala ekonomi ukuran luas, yang mengakibatkan biaya rata-rata yang lebih rendah bagi investor. Ini  mungkin timbul dari, antara lain, kemampuan untuk bertransaksi dalam volume besar yang biasanya mengarah pada penurunan biaya transaksi. Investor berbagi layanan mahal dari manajer investasi ahli dan dengan demikian menghemat jasa penasehat. Ukuran juga memungkinkan reksa dana untuk berinvestasi dalam investasi besar yang terpisahkan (meskipun ada ketegangan dengan keinginan untuk diversifikasi).
  • Kekuatan countervailing, yang dapat digunakan untuk mengurangi biaya transaksi dan biaya kustodian. ini merupakan kekuatan pengimbang yang juga menimbulkan kemampuan untuk memastikan istilah yang paling menguntungkan dari pasar modal perantara di satu sisi, dan di sisi lain memberikan potensi untuk meningkatkan kontrol atas perusahaan di mana mereka berinvestasi, sehingga mengurangi timbulnya masalah insentif yang merugikan.

 

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Pakar Investasi Apps di Android Anda.