Tak Mau Ribet Beli Rumah, Jumpai Agen Properti!

By on 28 Januari 2015 | Artikel ini Sudah di baca 3.574 kali

Agen PropertiInvestasi Properti – Agen yang ideal tidak selalu yang paling banyak menjual dalam satu tahun. Agen yang ideal adalah orang yang mendengarkan Anda, mudah bergaul dengan setiap orang, dan memiliki alat dan keterampilan untuk mengatasi situasi Anda yang unik.

Setiap pembeli rumah berbeda baik latar belakang, selera maupun pendirian. Beberapa di antaranya memiliki masalah kredit. Sebagian yang lain lebih senang  membeli properti dari luar negara. Beberapa yang lain membutuhkan bantuan menjual rumah mereka saat ini selain untuk membeli yang baru. Sama seperti pembeli memiliki kebutuhan yang berbeda, agen properti  memiliki keterampilan dan spesialisasi yang berbeda.

Berikut adalah cara untuk menemukan agen yang tepat untuk Anda:

1. Tanyakan teman-teman dan keluarga untuk memberi arahan.
Tidak ada yang tahu yang dilakukan oleh Anda dan  teman-teman serta keluarga Anda. Jadi mereka sering berada dalam posisi terbaik untuk merekomendasikan agen yang cocok untuk kebutuhan Anda. Anda juga bisa mempercayai rujukan dari teman atau keluarga lebih dari satu yang berasal dari orang yang mungkin belum Anda kenal.

2. Bicaralah pada beberapa agen.
Kami pernah melihat statistik bahwa 84% dari pembeli rumah pertama memilih agen properti yang dapat mereka hubungi. Ini berarti satu dari dua hal. Entah kebanyakan orang yang memilih dengan bijaksana pertama kalinya, atau mereka hanya bergegas tanpa membanding-bandingkan terlebih dahulu.

Anda tidak perlu buang waktu mewawancarai agen satu per satu, tapi setidaknya berbicaralah dengan dua atau tiga agen untuk melihat agen mana yang membuat Anda merasa lebih nyaman (yang mengarah ke poin berikutnya).

3. Pertimbangkan faktor kecocokan karakter.
Keahlian profesional adalah kriteria penting ketika kita memilih agen properti. Namun keterampilan interpersonal juga dianggap sama-sama penting. Pada langkah ke tiga ini, Anda akan bekerja dengan orang ini antara 2 hingga 12 bulan, sehingga hal ini membantu untuk bergaul dengan mereka. Kita semua memiliki kepribadian yang unik, dan itulah cara yang seharusnya. Tapi ketika bekerja dengan seseorang profesional, akan menghasilkan kemajuan yang cepat  jika karakter mereka cocok dengan karakter Anda sendiri. Bahasa gaulnya ‘cucok’ Bro! Anda orang yang berpembawaan tenang dan pasti. Tentu Anda juga akan menyukai orang yang memiliki karakter yang kurang lebih sama. Jika Anda adalah seorang yang humoris Anda tentu akan mencari mitra yang sama humorisnya. Penulis pribadi adalah seorang berpembawaan tenang dan pasti humoris karena pas tidak humoris pasti tenang, dan pas tidak tenang pasti humoris. Yah banyak dagangannya sih! Tergantung pembelinya mau beli dagangan yang mana hehehe

4. Tanyakan bagaimana mereka berburu properti.
Ketika memutuskan memilih satu agen properti, tanyakan bagaimana mereka mencari rumah. Beberapa agen memiliki daftar pilihan mereka sendiri yang mereka dukung. Namun bukankah Anda menginginkan yang terbaik bagi Anda, bukan apa yang terbaik bagi agen Anda? Anda membayar mereka, bukan? Jadi pastikan agen bersedia untuk mencari harga tertinggi dan terendah untuk menemukan rumah terbaik bagi Anda. Itu termasuk menggunakan jaringan pribadi mereka sendiri.

5. Baca dokumen dengan hati-hati.
Nasihat ini sering digunakan untuk suatu alasan. Sangatlah penting bahwa Anda memeriksa semua dokumen selama proses membeli rumah, dan itu termasuk perjanjian dengan agen Anda. Pada beberapa titik selama berlangsungnya hubungan, agen Anda mungkin akan meminta Anda untuk menandatangani perjanjian agen. Pada dasarnya, perjanjian tersebut berarti bahwa jika agen menunjukkan properti tertentu, pembelian properti harus dikreditkan kepada agen tersebut. Dalam kebanyakan kasus itu adalah perkara sederhana. Hanya saja, pastikan untuk membaca dengan hati-hati dan banyaklah bertanya mengenai apa saja yang diatur dalam perjanjian tersebut.