“Skimming” Kartu Modus Pencurian Data Perbankan Anda, Waspda!!

By on 2 Oktober 2014 | Artikel ini Sudah di baca 2.750 kali
Penjahat Kartu Kredit

Edukasi – ‘Skimming’ kartu kredit adalah salah satu bentuk kejahatan kartu kredit dimana informasi  yang tersimpan di strip magnet pada kartu kredit disalin secara ilegal.

Melalui skimming, penipu mencuri informasi Anda supaya bisa mengakses rekening Anda. Jika penipu berhasil skimming kartu kredit Anda, mereka bisa menciptakan kartu palsu atau menkloning kartu Anda.

Kartu ini kemudian bisa digunakan untuk berbelanja ataupun menarik uang, dan biayanya akan ditanggungkan kepada Anda.
Bagaimana mendeteksi skimming?

Anda harus mewaspadai apabila penjaga toko membawa kartu jauh dari pandangan Anda ketika melakukan transaksi. Selain itu, waspadalah juga ketika penjaga toko men-swipe kartu Anda di beberapa mesin, atau terdapat benda tidak lazim yang tertempel di mesin ATM.

Cara melindungi diri Anda

Anda bisa mengambil langkah-langkah ini untuk melindungi diri Anda dari kejahatan skimming:

  1. Perhatikan saat penjaga toko ingin men-swipe kartu kredit Anda untuk memastikan bahwa dia menggunakannya dengan aman. Jika Anda merasa curiga, lebih baik minta kartu Anda kembali dan menganti pembayaran dengan uang tunai.
  2. Kejahatan skimming mudah terjadi di restoran, tempat hiburan malam dan pom bensin karena pemilik kartu kerap menyerahkan kartunya untuk dibawa ke mesin EDC yang terletak jauh dari pandangan.
  3. Perhatikan mesin ATM yang Anda akan gunakan. Jika Anda merasa bahwa ATM tersebut tidak aman, gunakan mesin yang lain.
  4. Benda mencurigakan di ATM termasuk kamera yang menyoroti keypad dan keypad palsu yang diletakkan diatas keypad asli. Keypad palsu ini akan merekam PIN Anda, dan salah satu cara mengetahui bahwa ada sesuatu yang salah adalah keypad terasa lebih keras dari biasanya.
  5. Jika Anda melihat kejangalan pada mesin ATM, segera batalkan transaksi dan keluarkan kartu Anda. Kemudian, laporlah pada pihak bank untuk mencegah jatuhnya korban.
  6. Jika Anda mendapat tagihan pembelanjaan yang Anda tidak lakukan, segera hubungi pihak bank.

 

 

 

Sumber: HaloMoney.co.id

 

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Pakar Investasi Apps di Android Anda.