Seluk Beluk Penyewa Properti Yang Wajib Anda Ketahui

By on 19 Agustus 2014 | Artikel ini Sudah di baca 2.070 kali
Rent Property

Investasi Properti – Dalam sewa-menyewa properti, selain pemilik harus mengingatkan tentang kewajiban penyewa yang harus ditaati, kita juga harus memperhatikan bahwa penyewa juga memiliki hak. Dan seperti disiplinnya kita memperingatkan tentang kewajiban mereka, kita juga harus sebesar itu menghargai hak-hak mereka. Di bawah ini adalah paparan lebih lanjut tentang apa saja hak penyewa yang harus kita perhatikan. Selain mempelajari hak-hak penyewa, Anda juga harus mempelajari cara memilih penyewa dan memahami perjanjian sewa-menyewa.

Hak-Hak Penyewa
• Memahami ketentuan yang telah disepakati dalam perjanjian sewa.
• Mengetahui nama lengkap dan alamat pemilik properti.
• Properti harus aman dan pada tingkat yang layak  huni.
• Memiliki suasana tenang selama mereka tinggal di properti.
• Diberikan pemberitahuan ketika pemilik ingin memeriksa properti sewa.
• Diberikan pemberitahuan ketika pemilik ingin penyewa untuk pindah.

Cara Memilih Penyewa yang Tepat
Permintaan sewa properti berfluktuasi, namun jika Anda menawarkan properti Anda dengan benar dan mengikuti tips dalam panduan ini, Anda lebih mungkin untuk memiliki banyak penyewa yang berbeda untuk memilih properti yang Anda tawarkan. Luangkan waktu Anda dan bertemu dengan para calon penyewa secara pribadi sebelum memilih, karena penting untuk  menemukan penyewa yang tepat. Jangan mengabaikan insting Anda, penting untuk mendapatkan perasaan yang baik dan dapat dipercaya dari  penyewa Anda.

Tanyakan penyewa potensial Anda untuk memberikan referensi dari pemilik properti  sebelumnya dan menindaklanjutinya. Juga, jalankan pemeriksaan kredit penuh sehingga Anda dapat menilai apakah mereka telah mampu mengelola uang mereka dan tidak punya masalah dengan sewa-menyewa di masa lalu.

Ada banyak latar belakang pemeriksaan yang dapat dibuat pemilik properti sebelum memilih penyewa, seperti memeriksa keberadaan penyewa di daftar pemilih dan perjanjian kredit yang ada. Anda juga dapat mencari informasi tentang kebangkrutan dan lain-lain. Dengan profil lengkap Anda akan dapat membuat keputusan yang kuat pada setiap penyewa potensial.
Perhatikan juga masalah yang berkaitan dengan diskriminasi seperti agama, dan ras karena bagi mereka yang memahami hukum, hal ini dapat menjadi perkara pelik. Sedang masalah gender, hal itu tergantung dari konvensi normatif di lingkungan di mana properti Anda disewakan. Anda juga tidak dapat menarik biaya sewa yang lebih tinggi berdasarkan cacat fisik. Meskipun Anda tidak diwajibkan secara hukum untuk merenovasi properti Anda untuk mengakomodasi orang dengan cacat, Anda tidak harus menghentikan mereka atau mencegah mereka membuat perubahan yang wajar atau perubahan atas properti dengan tujuan meningkatkan akses.

Perjanjian Sewa-Menyewa
Penting untuk memiliki perjanjian sewa-menyewa yang mengikat secara hukum dan telah dibuat secara resmi yang ditandatangani oleh kedua pihak bahkan jika mereka adalah anggota keluarga atau teman. Kontrak ini akan melindungi hak-hak Anda dan memastikan bahwa tidak ada kebingungan atau perselisihan di kemudian hari, oleh karena itu berhati-hatilah saat menulis perjanjian.

Perjanjian ini harus mencakup semua rincian tentang apa yang boleh dilakukan oleh penyewa, seperti apakah mereka dapat memiliki hewan peliharaan dan sebagainya. Hal ini juga harus dinyatakan saat sewa jatuh tempo. Jika Anda kesulitan membuat perjanjian sewa-menyewa ini, jangan khawatir, ada template yang tersedia secara online yang dapat Anda tiru dan modifikasi. Penting untuk memastikan penyewa Anda membubuhkan tanda tangan dan tercantumnya  tanggal setiap halaman perjanjian sewa-menyewa. Dengan cara itu kedua belah pihak tahu semuanya telah dipahami dan dibaca. Salinan perjanjian harus disimpan oleh kedua belah pihak di tempat yang aman.

Demikianlah artikel ini yang bermaksud membagikan sedikit pengetahuan tentang seluk beluk penyewa yang harus Anda pahami jika Anda memutuskan untuk menguangkan properti Anda dalam bentuk rental. Semoga bermanfaat.

 

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Pakar Investasi Apps di Android Anda.