Segera Ambil Keputusan Keuangan Anda Sekarang!!

By on 25 Agustus 2014 | Artikel ini Sudah di baca 1.504 kali
Keputusan Keuangan

Perencanaan Keuangan – Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Namun, keputusan Anda hari ini akan mempengaruhi apa yang akan terjadi. Karena itu, Anda harus memastikan bahwa Anda mengambil keputusan yang baik hari ini.

Berikut adalah 5 langkah keuangan yang Anda perlu ambil saat ini sementara Anda masih muda dan sehat:

1. Mulai dengan langkah kecil tapi pasti

Menabung sedikit apapun bukan masalah karena sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit. Jadi, pikirkan apa yang Anda butuhkan di jangka pendenk dan panjang, lalu buatlah prioritas berdasarkan itu.

Jangan membeli barang-barang yang Anda tidak butuhkan. Contohnya, Anda bisa membaca majalah kesukaan Anda secara online dibanding membeli satu eksemplar. Anda juga tidak memerlukan TV 42 inci kalau kamar Anda kecil. Lebih baik Anda menggunakan uang Anda untuk membayar belanjaan atau tagihan bulanan.

2. Hapus hutang Anda

Mengambil KPR untuk properti sebesar 34-meter persegi akan membuat Anda berhutang Rp 425 juta. Itu, ditambah hutang kartu kredit, akan membuat hutang Anda menumpuk. Karena itu, ambil langkah-langkah untuk menghapus hutang Anda.

Mulai dengan hutang dengan bunga cicilan tertinggi karena setelah Anda membayar ini, Anda akan memiliki anggaran lebih untuk membayar hutang Anda yang lebih kecil. Jangan sampai kelewatan jatuh tempo cicilan juga supaya Anda tidak dikenakan denda.

3. Mulai berinvestasi

Kalau Anda punya dana lebih, Anda bisa menginvestasikannya. And bisa berinvestasi di saham perusahaan pilihan Anda. Anda bisa cek perusahaan apa saja yang layak diinvestasikan di Bursa Efek Indonesia (BEI).

4. Minta kenaikan gaji

Ini memang susah-susah gampang. Anda harus pastikan terlebih dahulu bahwa performa Anda cukup baik untuk minta kenaikan gaji. Tulis semua pencapaian Anda dan tunjukkan itu ke bos Anda. Kenaikan sedikit apapun bisa berguna untuk membayar segala macam tagihan dan cicilan Anda. Dan lumayan juga untuk menambah-nambah tabungan Anda.

5. Jangan lupa dana pensiun

Salah satu tabungan masa depan yang terpenting adalah dana pensiun. Anda harus mulai menabung sebagian kecil penghasilan Anda sebagai dana pensiun. Jika perusahaan Anda punya program dana pensiun, Anda bisa mendaftarkan diri karena walau gaji Anda berkurang, dana pensiun Anda aman.

 

Sumber: www.HaloMoney.co.id

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Pakar Investasi Apps di Android Anda.