Saran Untuk Memiliki Kartu Kredit Pertama Anda

By on 21 Juli 2014 | Artikel ini Sudah di baca 2.353 kali
Credit Card

Perencanaan Keuangan & Asuransi – Sedang mencari kartu kredit pertama tapi bingung harus ambil yang mana dari sekian banyak kartu kredit yang ada di luar sana?

Memang, mengambil kartu kredit merupakan langkah finansial yang cukup besar karena Anda harus pintar-pintar menggunakannya kalau tidak mau terlilit cicilan.

Maka itu, kami mempersembahkan tips singkat bagaimana memilih kartu kredit pertama Anda supaya Anda bisa merasakan segalan keuntungan yang ditawarkan kartu kredit.

1.       Mengertilah dasar-dasar kartu kredit

Sebelum mengajukan untuk kartu kredit, Anda harus mengerti dasar-dasar cara kerja kartu kredit. Dengan cara ini, Anda bisa tahu cara benar pengunaan kartu kredit agar benar-benar bisa menikmati keuntungan dari kepemilikan kartu kredit.

Untuk mengetahui lebih soal dasar-dasar kartu kredit, Anda bisa membaca panduan kartu kredit dan pertanyaan umum seputar kartu kredit.

2.       Plafon sesuai kemampuan

Setiap kartu kredit memiliki plafon, atau jumlah maksimal yang bisa ditagihkan ke kartu kredit tersebut. Bank tidak akan memberikan kartu kredit dengan plafon yang tinggi untuk pemegang kartu kredit pertama karena Anda belum membuktikan kemampuan untuk membayar cicilan.

Namun, ini suatu hal yang baik juga untuk Anda. Plafon rendah akan menjaga supaya Anda tidak membebankan transaksi terlampau besar di kartu kredit Anda.

3.       Suku bunga rendah

Kartu kredit dengan bunga rendah akan meringankan pembayaran cicilan bulanan Anda. Jika tersedia, Anda bisa memilih kartu kredit yang banyak bekerjasama dengan berbagai merchant untuk memberi cicilan 0% untuk bermacam-macam pembelian. Anda bisa mengecek bunga berbagai kartu kredit disini.

4.       Bebas iuran tahunan

Bank tertentu akan mengratiskan pembayaran biaya tahunan untuk tahun pertama kepemilikan kartu kredit. Tentunya, Anda harus mengambil kesempatan ini karena ini akan memperingan jumlah tagihan kartu kredit Anda. Anda juga harus memastikan bahwa bank tidak akan mengenakan penalti jika Anda tidak menggunakan kartu kredit Anda.

Bank biasanya akan melanjutkan membebaskan iuran tahunan untuk tahun berikutnya jika Anda sering menggunakan kartu kredit hingga plafon yang diberikan.

5.       Kaya tawaran

Pilihlah bank yang melakukan banyak kerjasama dengan merchant untuk memberikan promo, discount, cashback maupun reward untuk pembelanjaan dengan kartu kredit. Meskipun Anda bukan shopaholic, memiliki kartu kredit kaya dengan tawaran berguna pas ketika Anda menghemat ketika melakukan pembelian tertentu.

Jika Anda sudah menemukan kartu kredit yang diinginkan, Anda harus menyiapkan berbagai dokumen aplikasi. Anda bisa melihat dokumen apa saja yang Anda butuhkan disini.

Sumber: www.HoloMoney.co.id

 

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Pakar Investasi Apps di Android Anda.