Saran Dalam Memilih Periode Pembayaran Asuransi Jiwa

By on 25 Juni 2015 | Artikel ini Sudah di baca 539 kali

Asuransi – Sekalipun itu adalah pilihan yang bertanggung jawab, pilihan untuk membeli polis asuransi jiwa tidak diwajibkan. Selain tak ingin berpikir tentang kematian yang tak terhindarkan, banyak orang memilih untuk tidak membeli polis asuransi jiwa lantaran mereka tidak ingin mengeluarkan pembayaran ekstra untuk sesuatu yang tidak akan segera mereka gunakan. Tagihan listrik, misalnya, tidak terlalu berat untuk dibayar setiap bulannya. Anda menggunakan listrik setiap hari dan fakta tersebut nyata Anda alami. Polis asuransi jiwa, di sisi lain, pada umumnya hanya dipakai dalam kasus darurat keuangan atau kematian pemegang polis.

Namun, sebagian besar perusahaan asuransi jiwa menawarkan kemampuan untuk melakukan pembayaran polis asuransi jiwa dengan empat cara yang berbeda – bulanan, triwulanan, semesteran, dan tahunan,  dan agen asuransi hidup Anda akan lebih dari senang untuk menawarkan nasihat tentang setiap opsi pembayaran.

Bulanan

Kadang-kadang melakukan pembayaran bulanan pada polis asuransi jiwa Anda adalah pilihan terbaik, hanya karena Anda sedang memiliki cukup uang saat itu. Namun, apabila Anda membayar bulanan, Anda mungkin benar-benar berakhir membayar lebih dari yang Anda lakukan jika Anda membayar  triwulanan, semesteran, atau tahunan, karena banyak perusahaan asuransi jiwa menawarkan diskon untuk pilihan pembayaran lainnya dan semakin lama periode yang diambil, semakin besar diskon yang ditawarkan. Hahaha ini berbeda dong jika Anda melakukan cicilan motor dan terlambat. Semakin Anda membuat cicilan bulanan menjadi berbulan-bulan, semakin besar denda yang harus Anda tanggung.

Triwulanan

Pembayaran kuartalan kadang-kadang merupakan pilihan yang paling nyaman, karena periode pembayaran ini memungkinkan Anda untuk menabung selama beberapa bulan sebelum melakukan pembayaran.

Setengah tahunan

Pembayaran setengah tahunan atau lazim disebut semesteran tidak cukup besar seperti pembayaran tahunan, namun pilihan periode pembayaran ini menawarkan kemampuan untuk menabung dan membayar dua kali setahun. Yang ringan dari periode pembayaran ini adalah siklusnya yang tidak saling berdekatan, namun yang memberatkan adalah pembayaran pertama kalinya, sehingga Anda harus menyiapkan dana cukup besar untuk dapat memilih periode pembayaran ini.

Setiap tahun

Melakukan pembayaran tahunan polis asuransi jiwa Anda dalam jumlah besar sekali bayar dapat meninggalkan cedera di leher Anda, ini kiasan suatu situasi tercekik. Namun ini juga tergantung pada perusahaan asuransi jiwa, Anda dapat benar-benar menghemat uang dengan cara ini.

Apakah Anda sedang mempertimbangkan untuk membeli polis asuransi jiwa, atau sudah memilikinya, bicaralah dengan Anda agen asuransi jiwa tentang opsi periode pembayaran polis asuransi jiwa. Meskipun Anda mungkin berpikir salah satu pilihan pembayaran adalah yang terbaik bagi Anda, saran Anda agen asuransi jiwa yang diberikan dapat membantu Anda melihat bahwa opsi periode pembayaran lain sebenarnya dapat menjadi pilihan yang lebih baik.