Reksa Dana Khusus Untuk Investor Khusus

By on 11 Juni 2014 | Artikel ini Sudah di baca 3.949 kali
Reksadana

Reksa Dana dapat dipisahkan berdasarkan Profil Risiko (Risk Tolerance Profile), yaitu Conservative Funds yang mengalokasikan mayoritas investasi pada efek-efek yang memiliki tingkat risiko yang cukup kecil, meskipun menghasilkan potensi pendapatan yang relatif rendah. Moderate Funds yang meletakkan sebagian besar investasi pada efek-efek yang menghasilkan potensi pendapatan yang tinggi disupport dengan upaya-upaya untuk diversifikasi dan pemilihan efek yang sangat hati-hati untuk memelihara tingkat resiko pada batas-batas tertentu yang bisa diterima dan Aggressive Funds yang mengalokasikan mayoritas investasi pada efek-efek yang memiliki potens ipendapatan yang cukup tinggi, meskipun dengan konsekwensi risiko yang cukup tinggi pula.

Salah satu bentuk reksa dana yang tergolong populer adalah Lifestyle Funds, yaitu reksa dana yang hanya menanamkan investasi atas perusahaan-perusahaan yang mempunyai kaitan erat dengan gaya hidup investornya. Contoh  Lifestyle Funds yang dapat dipaparkan di sini adalah adalah Young-Dinamic Funds, suatu jenis reksa dana yang menanamkan investasi hanya pada efek-efek perusahaan yang memiliki kaitan erat dengan gaya hidup dinamis kawula muda, seperti software, game, elektronik, produsen mobil-mobil sport, atau peralatan olah raga. Pembagian reksa dana berbasis usia menurut teori bahwa investor di usia muda lebih berani mengambil risiko, mengingat bahwa kalangan ini  menghabiskan biaya hidup yang relatif kecil dan memiliki keinginan untuk menimbun harta sebanyak mungkin.

Hal ini berbeda dengan investor berusia lanjut yang lebih peka terhadap risiko, mengingat bahwa golongan ini menanggung biaya hidup yang besar, dan lebih bertendensi untuk memproteksi harta yang sudah mereka kumpulkan semenjak muda. Salah satu contoh reksa dana dalam bentuk ini dan cukup unik adalah Reksa Dana Siklus Hidup (Lifecycle Funds) yang mengalihkan strategi investasi ke efek-efek yang kian hari kian kecil risikonya menyesuaikan dengan bertambahnya usia investor yang menjadi target pasar reksa dana tersebut.

Reksa dana yang memfokuskan layanan pada jenis kelamin ada dua yaitu Woman Funds dan Man Funds. Woman Funds melakukan mayoritas investasi pada efek perusahaan-perusahaan yang memiliki hubungan dengan gaya hidup wanita atau membidik wanita sebagai target pasar utama, misalnya saja, industri peralatan dapur, toko serba ada, industri alat-alat kecantikan, atau pakaian. Sedangkan Man Funds meletakkan sebagian besar investasi di efek perusahaan-perusahaan yang mempunyai hubungan erat dengan gaya hidup pria atau memilih pria sebagai target pasar utama sehingga investasi akan ditanamkan di bisnis-bisnis seperti industri otomotif, produsen alat-alat atau olahraga senjata.

Socially Responsibility Funds adalah reksa dana yang mengkombinasikan kepercayaan, keyakinan, ideologi, aliran atau nilai tertentu dengan kegiatan investasi yang tak melulu agama namun bisa jadi cara memandang pengelolaan lingkungan, atau cara yang lebih beradab dalam memperlakukan binatang. Reksa dana yang masuk dalam jenis ini antara lain Green Funds yang meletakkan investasi hanya atas efek yang dikeluarkan oleh perusahaan-perusahaan yang memiliki komitmen yang besar atas pelestarian lingkungan hidup. Contoh lain adalah Animal Lover Funds yang memfokuskan investasi hanya atas efek-efek yang dikeluarkan oleh perusahaan yang tak mau melakukan tindakan-tindakan yang menyalahgunakan atau mengeksploitasi binatang pada tiap kegiatan usaha mereka, seperti melakukan percobaan terhadap manusia, atau memproduksi busana atau sepatu dari kulit binatang. Contoh terakhir dari investasi Socially Responsibility Funds  ini adalah Worker Funds yang memfokuskan investasi terhadap perusahaan-perusahaan yang memegang predikat sebagai perusahaan-perusahaan bereputasi baik dalam memperlakukan karyawan mereka.

 

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Pakar Investasi Apps di Android Anda.