Rahasia Memilih Reksa Dana: Kinerja, Volatilitas, Biaya Dan Peringkat

By on 16 Juni 2014 | Artikel ini Sudah di baca 2.112 kali
investasi reksadana

Investasi Reksadana – Ada keunggulan kinerja manager reksa dana yang baik yang melampaui kuartal kuartal setelah melewati fluktuasi nilai dana. Beberapa reksa dana, seperti indeks dan reksa dana pasar uang dievaluasi terhadap kemampuan mereka untuk melacak pasar masing-masing dan memungkinkan gaya manajemen lain yang agak pasif, karena jenis dana mereka membutuhkan keterlibatan lebih aktif dalam pengelolaan investasi reksa dana secara terus-menerus.

Terdapat  empat kriteria seleksi utama yang wajib dipertimbangkan saat memilih reksa dana serta menentukan apakah return, kondisi pasar tertentu dan jenis dana adalah wajar:

  • Kinerja tahunan dari dana, tidak termasuk efek compounding
  • Volatilitas tingkat bulanan pengembalian
  • Biaya pengelolaan dana dan rasio biaya manajemen
  • Peringkat reksa dana menurut kuartil

Saat melihat rekam jejak reksa dana tersebut, pertimbangkan kinerja tahunan daripada kinerja compounding. Sementara kinerja compounding memperlihatkan dampak apabila seorang investor membeli dana dan memegangnya dari waktu ke waktu, sedang pengembalian tahunan menjelaskan rincian setiap tahun secara terpisah. Kinerja tahunan menampilkan hasil tahunan setiap tahun secara terpisah dengan  memaparkan tahun-tahun di mana dana yang diposting memberikan return yang negatif. Jika hasilnya negatif , maka akan tercantum dalam agregat 3 atau 5 tahun, dan hal tersebut lebih sulit untuk menilai risiko.

Ada biaya lain yang berkaitan dengan reksa dana, di samping penjualan atau pelunasan biaya yang perlu dibayarkan oleh para investor. Biaya manajemen adalah biaya yang dibayarkan kepada manajer untuk layanan manajemen investasi dan biasanya merupakan persentase dari nilai aktiva bersih dari dana tersebut. Biasanya, biaya manajemen terendah dapat dijumpai dalam indeks dan reksa dana pasar uang, yang agak kurang aktif. Apabila dibandingkan dengan reksa dana saham, ini biaya yang terendah di antara keluarga reksa dana, biasanya sekitar 1%.

Rasio biaya manajemen adalah rasio seluruh biaya yang dibayarkan oleh reksa dana ke aset manajemen, termasuk biaya perdagangan, jasa kustodian, dan komunikasi satuan pemegang. Rasio biaya manajemen tersebut selalu dipotong sebelum kembali dihitung. Reksa dana harus gungkapkan baik biaya manajemen dan rasio biaya manajemen untuk lima tahun terakhir tahun fiskal dalam prospektus dana. Evaluasi pula potensi pembelian reksa dana, dengan membandingkan rasio biaya manajemen dengan dana lain dari kategori yang sama atau yang setidaknya  mirip.

Jika Anda telah memahami semua dasar investasi di atas  maka yang terakhir jangan lupa untuk mempertimbangkan peringkat reksa dana berdasarkan kuartil. Peringkat menurut kuartil dipandang perlu sebagai bahan pertimbangan meskipun tidak menjadi aspek mayor dalam mengambil keputusan. Hanya apabila peringkat menurut kuartil tersebut konsisten, maka Anda dapat memasukkannya dalam pertimbangan.

 

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Pakar Investasi Apps di Android Anda.