Prosedur Cepat Memahami Kontrak Asuransi

By on 15 September 2014 | Artikel ini Sudah di baca 3.430 kali
Kontrak Asuransi

Asuransi – Sebagian dari kita telah mengambil beberapa jenis asuransi. Apakah itu asuransi mobil, asuransi rumah, asuransi kesehatan atau asuransi perjalanan semua itu hanya sebagian dari berbagai macam asuransi yang dapat disebutkan. Kita semua mungkin telah membayar sejumlah besar uang kepada perusahaan asuransi untuk ditukar dengan ketenangan pikiran di mana suatu saat apabila bencana terjadi, Anda atau barang kepemilikan Anda telah diasuransikan. Namun, berapa banyak dari kita telah sepenuhnya memahami rincian perjanjian kita?

Dalam semua dokumentasi yang datang dengan kontrak asuransi baru, ada terkandung beberapa ketentuan hukum yang paling kompleks dan persyaratan kontrak yang mungkin Anda temukan di mana saja. Perusahaan asuransi menghabiskan jutaan untuk biaya pengacara dan memiliki tim profesional selalu up to date dan mengubah ketentuan kontrak mereka untuk menutupi setiap kemungkinan. Di sisi lain, Anda mungkin hanya memiliki sedikit waktu untuk mengakrabi semua isi kontrak asuransi Anda dan Anda hanya mampu mempelajari poin utama yang disorot oleh perusahaan asuransi.

Namun, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk memastikan Anda memiliki setidaknya pemahaman yang wajar dari kontrak yang Anda tandatangani. Jika pemahaman Anda tidak wajar, berarti pemahaman Anda menyimpang.  Janganlah Anda sampai menyebarkan aliran sesat karena pemahaman kontrak asuransi yang tidak wajar. Semua kontrak asuransi pada dasarnya memiliki tujuan dan metode yang sama. Mereka mengambil risiko dari suatu peristiwa, yang mungkin (atau tidak mungkin) terjadi dan membayar biaya tersebut apabila terjadi. Ini mungkin diterapkan pada hal apapun, namun yang paling umum adalah pada kerusakan rumah, kecelakaan mobil, perawatan medis dan sejenisnya. Asuransi jiwa sedikit berbeda karena menjamin terbayarnya kematian Anda, yang sayangnya adalah kepastian yang pasti terjadi. Namun, waktu kematian tidak pasti dan dalam pengertian ini masih ada resiko yang sangat nyata bahwa Anda akan mati pada saat anak-anak Anda atau pasangan sangat tergantung pada Anda.

Ada juga sejumlah biaya keuangan yang harus Anda siapkan. Perusahaan asuransi harus dapat memiliki ide yang masuk akal dari biaya kerugian jika mereka dapat menghitung harga premium/premi secara akurat. Oleh karena itu, walaupun biaya pengobatan dan pendapatan yang hilang dapat dipulihkan dalam asuransi, rasa sakit dan penderitaan, atau kesedihan kehilangan orang yang dicintai tidak akan dapat dipulihkan berdasarkan kontrak asuransi.

Oleh karena itu, apa yang benar-benar harus Anda cari dalam kontrak asuransi adalah apa yang sebenarnya terkover dari asuransi ini. Yaitu pada situasi mana asuransi akan membayar Anda dan kejadian mana yang tidak terkover. Lalu ada pengecualian dan kondisi yang harus Anda penuhi untuk menjaga kebijakan tetap berlaku. Ini mungkin termasuk menjaga pintu Anda tetap terkunci atau rutin melakukan pemeriksaan kesehatan. Pastikan Anda memahami apa yang harus Anda lakukan di dalam  kontrak dan melakukannya.

 

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Pakar Investasi Apps di Android Anda.