Perspektif Konsumen, Sarana Intuitif Dalam Memilih Saham

By on 8 Oktober 2014 | Artikel ini Sudah di baca 2.087 kali
Investasi Saham

Investasi Saham – Investasi di pasar saham kadang-kadang bermuara pada satu elemen penting, yaitu pilihan baik. Tidak peduli seberapa sering kita membeli dan menjual, seberapa baik kita melakukan penelitian kita, atau berapa banyak kita membayar ahli untuk saran dan tips mereka, tanpa memilih saham yang mewakili nilai, kita tidak akan berhasil. Meskipun beberapa pandai memprediksi arah pasar dan waktu pasang surut, bila mereka tak membeli saham yang tepat, mereka masih akan bertemu dengan kesulitan ketika mencoba untuk meraup keuntungan.

Oleh karena itu, beberapa orang yang dibayar cukup tinggi di Wall Street dikenal terutama untuk bakat mereka dalam memilih saham. Penasihat keuangan memberikan seminar dan menulis buku serta newsletter tentang bagaimana memilih saham yang akan mengungguli pasar, dan sebagian besar ahli menggaungkan sentimen yang sama dan setuju bahwa salah satu cara terbaik untuk menilai suatu saham adalah dari sudut pandang konsumen. Dengan menggunakan naluri kita yang sudah diasah sebagai pembeli biasa, kita sering dapat mengorek informasi yang dilewatkan oleh  pengamat pasar bahkan yang paling terampil dan software-softwarenya. Sementara mereka mempelajari grafik analisis, laporan laba, dan ticker  bursa, orang-orang seperti diri Anda benar-benar melakukan bisnis dengan perusahaan di mana mereka berinvestasi, karena pengalaman mereka sebagai pelanggan berbicara banyak tentang nilai perusahaan dan produk serta layanan.
Berikut adalah hal-hal yang harus dicari sebagai indikator layak perusahaan:

  1. Seberapa  populerkah produk atau jasa mereka? Jika semua orang yang Anda tahu menggunakannya, dan merasa puas dengan hal-hal seperti harga, layanan pelanggan, dan kehandalan, perusahaan ini mungkin cukup kompetitif.
  2. Apakah karyawan puas? Salah satu cara terbaik untuk menilai sebuah perusahaan adalah dengan berbicara kepada karyawan. Banyak perusahaan menyodorkan layanan yang baik, namun di balik pemasaran mewah banyak ketidakpuasan. Tetapi jika karyawan dalam perusahaan, terutama jika karyawan banyak yang membeli saham perusahaan di mana mereka bekerja, hal tersebut adalah tanda yang sangat baik.
  3. Seberapa dikenalkah perusahaan tersebut? Anda mungkin menemukan sebuah perusahaan memulai bisnis dengan semua ornamen keberhasilan, namun Anda menemukan bahwa perusahaan tersebut  kurang dikenal. Banyak perusahaan kecil atau daerah yang populer di halaman belakang mereka sendiri, namun seluruh dunia mungkin belum tahu tentang perusahaan-perusahaan tersebut. Membeli sahamm perusahaan yang sudah cukup dikenal  dapat menjadi cara yang bagus untuk berinvestasi di saham panas berikutnya. Jika fundamental terlihat baik, kadang-kadang yang  faktor kurang popular  adalah hal yang baik bagi investor masuk di lantai dasar.
  4. Jika mereka keluar dari bisnis, di mana Anda akan mencari  produk dan layanan yang sama? Jika Anda tidak bisa memikirkan alternatif yang nyaman, perusahaan mungkin dalam ceruk pasar yang menikmati loyalitas pelanggan dan bisnis yang berulang.

Mulai berbelanjalah, dan perhatikan apa yang Anda lihat dan bagaimana setiap bisnis membentuk perasaan Anda. Maaf ini bukan artikel tentang perencanaan keuangan, namun Anda harus mulai membangun wawasan tentang suatu perusahaan dengan berbelanja, melihat iklan, membaca laporan ekonomi, apapun yang dapat Anda pakai untuk mengasah intuisi Anda, kemudian percayailah intuisi Anda.  Contohnya, Intuisi penulis mengatakan harga saham ANTV akan naik, karena dampak serial-serial India yang beruntun di jam-jam prime time, namun hanya selama jam tayang yang panjang tersebut belum membuat bosan pemirsa.  Karena rating acara-acara tersebut begitu luar biasa beberapa waktu belakangan ini, terutama untuk kisah-kisah yang sudah tidak asing di Indonesia. Lihatlah betapa banyak sponsor terutama untuk Mahabharata. Ini menunjukkan fundamental perusahaan juga meningkat. Untuk 1 atau 3 bulan lagipun mungkin harga saham ANTV akan naik, kecuali serial utama sudah selesai atau terkotori dengan muatan politis sang pemilik.

Dengan cara yang sama seperti intuisi penulis, maka buatlah daftar perusahaan yang mendapatkan perhatian Anda, dan kemudian telfonlah departemen hubungan pemegang saham mereka dan meminta untuk lebih jelasnya. Dengan memulai daftar Anda dengan perusahaan, Anda sudah memiliki pengalaman tangan pertama, Anda meningkatkan kemungkinan jauh bahwa Anda akan membuat pilihan cerdas.

 

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Pakar Investasi Apps di Android Anda.