Peran Jasa Broker Saat Jual Beli Rumah

By on 16 Juli 2013 | Artikel ini Sudah di baca 3.716 kali
Broker Investasi Properti

Peran Jasa Broker Saat Jual Beli Rumah

Investasi Properti – Pada dasarnya peran daripada seorang broker properti yaitu menjadi perantara bagi seorang penjual dan pembeli sebuah rumah. Jadi broker tersebut nantinya akan bertugas untuk mendampingi dan mempertemukan kedua belah pihak hingga mencapai persetujuan jual beli bersama. Selain itu tak jarang juga masyarakat menyebut broker tersebut dengan makelar.

Dengan menggunakan jasa dari broker tersebut sebenarnya kita bisa memperoleh keuntungan, namun di sisi lain juga bisa memberikan kerugian. Nah, berikut ini terdapat informasi mengenai peranan jasa broker baik dari sisi keuntungannya maupun kerugiannya dalam jual beli rumah.

Suatu keuntungan yang dapat diperoleh apabila kita menggunakan jasa dari seorang broker yaitu kita tidak akan menghabiskan waktu dan juga tenaga sebab semua yang berkaitan dengan proses terjadinya transaksi maupun ganti nama akan diurus oleh seorang broker. Biasanya seorang broker telah memiliki calon penjual dan pembeli. Jadi untuk menemukan bangunan ataupun pembeli akan bisa cepat dilakukan sebab tinggal mencocokkan kebutuhan saja.

Bagi seorang pembeli apabila masih belum menemukan rumah yang sesuai maka tidak perlu untuk mengeluarkan biaya terlebih dahulu. Semua jenis biaya administrasi umumnya akan dibayar oleh seorang broker dulu, termasuk biaya appraisal atau biaya untuk menaksir harga dari bangunan maupun rumah tersebut. Sehingga pembeli bisa memperoleh harga yang cocok atau tidak begitu mahal. Sementara bagi penjual, kesepakatan harga yang ditawarkan juga tidak begitu rendah.

Sebenarnya dalam menggunakan jasa seorang broker, semua yang berkaitan dengan legalitas suatu transaksi rumah akan menjadi lebih aman. Khususnya untuk mereka yang tidak begitu mengerti bagaimana cara mengurus segala hal mengenai jual beli rumah. Sebab apabila kita mengurus sendiri biasanya akan merepotkan serta biaya yang akan kita keluarkan akan jauh lebih banyak.

Disamping keuntungan yang bisa diperoleh, menggunakan jasa seorang broker biasanya juga dapat mendatangkan kerugian. Yang jelas pasti kita akan mengeluarkan ongkos untuk kita berikan sebagai pembayaran komisi terhadap jasa seorang broker. Biasanya karena telah ada kesepakatan sejak awal, kita tidak dapat dengan bebas untuk mencari calon seorang penjual atau pembeli rumah.

Diantara beberapa keuntungan yang bisa diperoleh, namun jasa broker juga bisa mendatangkan kerugian. Kerugian pertama kita pasti akan memberikan ongkos untuk pembayaran komisi bagi broker tersebut. Walaupun telah terjadi kesepakatan harga di antara penjual dan pembeli, namun proses transaksinya harus tetap memperlibatkan seorang broker.

Dengan membandingkan keuntungan dan juga kerugian seperti di atas, penggunaan jasa broker umumnya masih akan lebih menguntungkan dibanding kerugiannya. Karena walaupun kita perlu mengeluarkan adanya biaya untuk memberikan komisi akan tetapi hal tersebut sangatlah sepadan dengan apa yang kita dapatkan. Kecuali apabila sebelumnya telah memiliki hubungan dengan pihak pembeli dan penjual. Lagi pula sekarang ini telah ada aturan undang-undang dari pemerintah bahwasanya seorang broker dapat memperoleh komisi dengan jumlah maksimal 2% atas nilai transaksi. Jadi angka 2% tersebut bukanlah biaya yang besar untuk dikeluarkan dalam situasi seperti ini.

Selain itu bisa juga dengan membuat sebuah perjanjian terlebih dahulu atau yang disebut dengan open marketing. Maksudnya disini dimungkinkan seorang pembeli maupun penjual untuk mencari costumer sendiri tanpa perlu melibatkan jasa broker.

Bahkan saat ini di Indonesia sudah ada asosiasi mengenai organisasi profesi yang mana keberadaannya telah diakui secara resmi oleh pemerintah. Asosiasi tersebut memiliki tujuan untuk menciptakan sistem yang bisa meyakinkan kepada masyarakat dalam penggunaan jasa broker serta untuk menghindari adanya persaingan antar broker dengan cara yang tidak sehat.

Dengan demikian, untuk menghindari sesuatu yang merugikan sebaiknya apabila anda tertarik dalam menggunakan jasa seorang broker di saat hendak melakukan jual beli rumah ataupun bangunan yang lain yang berhubungan dengan properti. Usahakan dalam memilih broker itu yang memang resmi terdaftar pada asosiasi tersebut. Jadi segala urusan transaksi juga akan lebih terjamin.