Nikmati Investasi Tahan Bangkrut Dan Berbagai Keuntungan Lain Di Reksa Dana

By on 9 Juni 2014 | Artikel ini Sudah di baca 3.292 kali
investasi reksadana

Investasi Reksadana – Pernahkah  Anda menjadi anggota keluarga besar investor reksa dana? Jika Anda terus menunggu, Anda barangkali tak mampu merasakan efek positif memiliki reksa dana di akun Anda. Namun, Anda bukan satu-satunya orang yang belum bisa mengatasi beberapa hambatan mental dasar yang datang dari  diri  Anda sendiri terhadap investasi reksa dana.

Pertama-tama Anda mungkin berpikir bahwa Anda tak memiliki uang yang cukup untuk berinvestasi di reksa dana. Namun, dengan sedikitnya Rp. 1.000.000,00 Anda dapat memulai dalam perjalanan Anda ke rekening reksa dana yang berkelimpahan, yang akan menyediakan Anda dengan pensiun yang aman secara finansial. Tidak dipungut biaya perdagangan ketika Anda berinvestasi di sebagian besar reksa dana, yang memungkinkan Anda untuk berinvestasi dalam jumlah kecil uang. Dibandingkan dengan investasi saham, yang terakhir membuat sebagian uang Anda dialokasikan untuk keperluan komisi broker dan Anda menyisakan lebih sedikit uang untuk berinvestasi.

Di sisi lain, Anda mungkin enggan untuk berinvestasi di reksa dana, sebab Anda merasa tak dijamin atau karena tidak adanya asuransi. Namun, Anda tidak perlu risau mengenai keamanan dari suatu reksa dana karena  reksa dana merupakan sarana investasi yang tahan bangkrut. Sebuah reksa dana pada umumnya memegang saham sejumlah besar perusahaan dan untuk menjadi bangkrut, seluruh perusahaan ini harus menjadi bangkrut sama sekali. Jadi dapatkah reksa dana bangkrut? Dapat dengan kemungkinan yang sangat kecil. Karena premis umumnya adalah: Reksa dana adalah sarana investasi tahan bangkrut, jika tidak terjadi kebangkrutan massal dari sejumlah perusahaan yang sahamnya dikelola oleh reksa dana dan tidak ada intervensi pemerintah untuk pembubaran reksa dana.

Di satu sisi, perusahaan asuransi atau rekening bank yang menurut penilaian umum dipandang sebagai yang lebih aman, dapat dengan mudah gulung tikar dan Anda akan berakhir  dengan kehilangan uang Anda yang telah Anda kumpulkan dengan susah payah. Terlebih lagi, inflasi cenderung menurunkan nilai uang yang Anda timbun di rekening tabungan Anda. Hal ini berbeda dengan  rekening reksa dana Anda yang memberikan bunga majemuk. Bunga majemuk adalah bunga yang asalnya bukan hanya dari satu sumber. Saat berinvestasi di reksa dana, Anda dimungkinkan untuk merasakan dimanjakan oleh adanya bunga majemuk.

Anda dapat memilih untuk tidak berinvestasi di reksa dana , karena Anda yakin akan kemampuan Anda  dalam memilih saham individu. Kami tidak ingin meremehkan keterampilan Anda dalam memilih asset, namun dengan membeli saham dari reksa dana, Anda akan segera menikmati manajemen profesional aset Anda oleh para pakar yang telah bekerja di bidang ini selama bertahun-tahun. Anda mungkin sungguh-sungguh berhasil untuk kesekian kalinya, namun hal tersebut sama dengan peluang Anda untuk menang dalam undian.

Selain itu, banyak investor membuat kesalahan karena berinvestasi di perusahaan di mana mereka bekerja. Ini adalah strategi yang dipertanyakan reliabilitasnya, kecuali bila Anda memasukkannya  ke dalam portfolio investasi Anda untuk tujuan diversifikasi. Reksa dana termasuk obligasi dan saham dari sejumlah perusahaan yang berbeda, yang sangat bermanfaat dalam masa ekonomi tenang.

Akhirnya, sebagian besar investor tidak ingin berinvestasi di reksa dana, karena mereka takut mereka tak memahami bagaimana cara kerjanya. Langkah pertama adalah untuk menelusuri melalui website di mana layanan reksa dana ditawarkan dan galilah sebanyak mungkin informasi yang Anda butuhkan untuk Anda mulai. Jika Anda telah berhasil memperoleh kontak perusahaan reksa dana yang Anda lirik, perbanyaklah bertanya dan berkonsultasi, hanya untuk memastikan Anda tidak terjebak pada aturan-aturan dan kinerja yang belum sungguh-sungguh Anda ketahui sebelum Anda memulai. Karena melakukan riset adalah sah, bukan hanya atas jenis-jenis reksa dana yang Anda minati, namun juga atas perusahaan yang menyediakan layanan.

 

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Pakar Investasi Apps di Android Anda.