Mulai Memilih Jenis Investasi Properti Tahun 2016

By on 28 Desember 2015 | Artikel ini Sudah di baca 483 kali

Investasi Properti – Memasuki akhir tahun 2015, semua investor  di bagian properti perlu  mengetahui bagaimana prediksi investasi properti di tahun 2016. Investasi di bidang properti ini bisa dikatakan adalah salah satu investasi yang cukup menjanjikan. Karena, nilai investasi properti ini bisa terus meningkat di setiap tahunnya.

Memulai Investasi Properti

Setiap orang akan membutuhkan tumah ataupun apartemen sebagai tempat tinggal. Untuk beberapa orang yang memiliki keuangan yang lebih dan ingin memulai investasi, bisa mencoba investasi properti. Investasi properti memiliki berbagai jenis. Untuk memulai suatu investasi lebih baik kenali dan cari tahu lebih dalam telebih dahulu, termasuk dalam berinvestasi properti. Ada tiga pilihan jenis investasi properti yang bisa dipertimbangkan oleh para calon investor.

Kepemilikan Freehold

Dalam investasi properti, ada yang bernama kepemilikan freehold. Maksud dari hal ini adalah para investor memiliki hak yang penuh atas investasi properti ini. Keuntungan yang akan dihasilkan oleh properti yang dimiliki ini juga dikendalikan secara maksimum oleh para investor. Investasi properti ini juga bisa dijadikan sebagai jaminan untuk mendapatkan pinjaman.

Membangun Perusahaan Properti

Di sini, para calon investor bisa membangun perusahaan properti dengan tujuan untuk memiliki properti. Perusahaan properti ini bisa menawarkan keuntungan yang besar. Selain itu, tanggung jawabnya berbeda karena badan hukumnya terpisah dengan pemegang saham.

Menyewakan Properti

Untuk menjadi investor properti bukan berarti setiap properti yang investor miliki harus diperjualbelikan sehingga properti ini pindah kepemilikian ke tangan pembeli. Para calon investor properti juga bisa menyewakan properti yang dimiliki. Dengan menyewakan ini tentu akan ada perjanjian sewa menyewa yang harus disepakati kedua belah pihak. Pihak penyewa ini juga akan memberikan bayaran atas perjanjian sewa – menyewa ini untuk beberapa waktu yang sudah disepakati.

Investasi Properti Kecil – kecilan

Tidak semua investasi itu membutuhkan dana dalam jumlah yang besar. Bagi para calon investor yang masiih memiliki dana yang terbatas untuk berinvestasi bisa mencoba investasi properti dalam skala yang kecil namun tetap menguntungkan. Untuk melakukan ini juga perlu proses dan tidak instan.

  • Disiplin Menabung
    Kebutuhan bulanan mungkin bisa dengan cepat menghabiskan uang gaji bulanan para calon investor. Usahakan tetap sisihkan uang untuk menabung, minimal 30% dari penghasilan bulanan. Hasil dari uang tabungan ini bisa digunakan untuk menjadi uang muka untuk membeli rumah dengan sistem KPR.
  • Pilih Rumah Yang Cocok
    Rumah yang akan diinvestasikan ini bisa juga dimanfaatkan menjadi tempat tinggal untuk calon investor sendiri. Maka, pilihlah rumah yang kondisinya strategis baik dari rumah yang telah ada ataupun kantor para calon investor.
  • Membuka Rekening Tabungan
    Untuk sistem KPR ini tentu akan membutuhkan tabungan untuk memasitikan para calon investor mampu membayar cicilan rumah yang akan dibeli nanti. Untuk itu, para calon investor perlu membuka rekening tabungan. Dalam pengajuan KPR di Bank ini sebaiknya para calon investor ini membuka rekening tabungan sebelum pengajuan KPR. Dengan tabunganyan sudah ada ini lakukan transaksi secara terartur namun tetap menjaga saldo tabungan para calon investor jangan sampai minimum. Karena hal ini akan dianalisa oleh pihak bank bahwa para investor bisa mencairkan pinjamannya dengan cepat atau mungkin bisa juga ditolak karena tidak memenuhi standar bank tersebut.

Setelah mengetahui cara – cara untuk berinvestasi properti tentu bisa membuat para calon investor membaca peluang bagaimana investasi properti di tahun 2016?