Minimal Dana Yang Dibutuhkan Untuk Investasi Saham Bagi Pemula

By on 25 April 2014 | Artikel ini Sudah di baca 3.001 kali
Trading Saham

Saham merupakan salah satu instrumen investasi yang pada prosesnya investor harus berhubungan dengan perusahaam pialang atau sering disebut dengan broker. Proses yang dilakukan dalam investasi saham adalah transaksi pembelian atau penjualan saham demi mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Jika berbicara tentang minimal dana yang dibutuhkan untuk investasi saham, sebenarnya tidak ada sama sekali batasan jumlah atau dana yang digunakan untuk jual beli saham. Perlu diketahui jika satuan perdagangan yang digunakan dalam bertransaksi saham disebut dengan lot yang setara dengan 500. Inilah yang menentukan minimal dana yang dibutuhkan untuk investasi saham. Contohnya saja harga saham PT. Untung Terus adalah Rp. 2.000, maka minimal dana yang dibutuhkan untuk investasi saham diperusahaan ini adalah 500 x Rp. 2.000 = Rp. 1.000.000,-. Nah, begitulah cara kerja dari investasi saham ini.

Sebagai pemula, sebaiknya Anda terlebih dahulu mengenal pasar saham dan memulai dengan modal yang tidak begitu besar. Tujuan dari ini adalah tidak lain adalah sebagai proses belajar dan pembiasaan diri, serta meminimalisir resiko kerugian yang nantinya akan Anda derita. Anda tentu tidak mau kan jika Anda sudah rugi terlebih dahulu ketika baru saja memulai? Jika perlu, Anda dapat mencoba software yang diperuntukan untuk belajar jual-beli dan menganalisa saham dalam bentuk permainan.

Minimal Dana Yang Dibutuhkan Untuk Investasi Saham Bagi Mahasiswa

Ternyata, investasi saham tidak hanya dapat dilakukan oleh orang yang memiliki penghasilan tetap loh. Sekarang ini mahasiswa pun sudah bisa mencoba masuk ke dalam dunia investasi yang katanya high-risk ini. Kesempatan ini diberikan oleh MNC Securities yang menawarkan setoran awal yang lumayan murah. Minimal dana yang dibutuhkan untuk investasi saham bagi mahasiswa atau pelajar adalah 2 juta Rupiah, sedangkan bagi masyarakat umum adalah 5 juta Rupiah. Ketika melakukan transaksi jual dan beli, investor akan dikenakan biaya sebesar 0,19% untuk pelajar atau mahasiswa dan 0,29% untuk masyarakat umum. Mengapa minimal dana yang dibutuhkan untuk investasi saham bagi mahasiswa. Mengapa minimal dana yang dibutuhkan untuk investasi saham tersebut relatif terjangkau? Ini merupakan salah satu strategi yang memang menargetkan nasabah dari masyarakat golongan ekonomi menengah kebawah serta nasabah pemula.

Perlu diingat lagi jika sarana bertransaksi saham sudah semakin mudah karena adanya sistem transaksi online dengan menggunakan laptop, smartphone, dan juga komputer tablet. Nah, sekarang bagaimana? Apakah Anda mulai berminat untuk menambah penghasilan Anda dengan cara terjun ke dunia investasi saham? Jika tidak dari sekarang, kapan lagi? Terlebih minimal dana yang dibutuhkan untuk investasi saham saat ini sudah lumayan terjangkau dengan adanya perusahaan-perusahaan pialang yang menawarkan setoran awal yang cukup murah. Selamat mencoba.

 

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Pakar Investasi Apps di Android Anda.