Meraup Keuntungan Melalui Investasi Reksadana

By on 16 Februari 2015 | Artikel ini Sudah di baca 2.162 kali

Meraup Keuntungan Melalui Investasi ReksadanaInvestasi reksadana kini semakin lama semakin menjadi sebuah bisnis yang cukup mendapat perhatian lebih di masyarakat hati masyarakat. Penetrasi dalam sector bisnis industry reksadana  ini memang masih terlihat cukup rendah, perkiraan hanya sekitar 1% dari jumlah total keseluruhan penduduk di Indonesia ini, namun sekarang ini keberadaannya mulai dilirik oleh beberapa kalangan, tidak melulu golongan kelas atas melainkan berbagai kalangan cukup berantusias memilih investasi reksadana ini sebagai bisnis komoditi mereka. Karena jika dibandingkan dengan instrumen lainnya, investasi reksadana ini relatif lebih mudah dilakukan dan juga lebih murah untuk pengembangan bisnisnya.

Ada beberapa tips yang bisa kita gunakan untuk meningkatkan instrumen investasi reksadana ini agar bisa memperoleh keuntungan yang besar.

Pertama, mengenali profil resiko anda. Mengenai profil resiko ini ada 3 macam yaitu investor konservatif, moderat, dan agresif. Bagi Anda yang memiliki profil konservatif, bisa memilih jenis reksadana saham dan campuran. Dan apabila anda merasa berprofil moderat, bisa mencoba reksadana saham dan campuran pada awalnya, lalu berkembang ke reksadana saham dengan menambah porsinya secara bertahap. Profil selanjutnya yaitu investor agresif dimana jenis profil ini memungkinkan seseorang untuk memilih berbagai macam jenis reksadana karena sangat agresif dalam menjalankan usaha ini. Nah sekarang anda tinggal menentukan apakah anda tergolong investor konservatif, moderat, atau agresif. Sangat disarankan jika anda masih baru dan mengenal tentang investasi reksadana untuk tidak memilih jenis reksadana yang bersifat agresif meskipun anda sendiri mempunyai sifat agresif yang sangat tinggi karena tingkat resikonya jauh lebih besar jika dibandingkan dengan profil resiko moderat.

Selanjutnya yang kedua adalah mendiversifikasi reksadana yang telah Anda beli. Anda bisa membeli berbagai jenis reksadana dari beberapa manajer investasi (MI) untuk menekan risiko yang ada. Dalam investasi reksadana ada yang namanya manajer investasi ini adalah salah satu manfaat dan keuntungan yang ada pada reksadana sangat cukup membantu dalam mengelola seluruh dana reksa yang Anda miliki.

Ketiga, disiplin dalam membeli reksadana. Investasi reksadana harus Anda lakukan secara bertahap dan disiplin. Jika anda tidak bisa mendisiplinkan investasi anda maka yang terjadi Anda juga belum bisa merasakan manfaatnya. Pada poin ini belilah produk reksadana yang secara  rutin per bulan Anda bisa disiplin dalam menjalankannya, tentunya produk reksadana ini juga harus sesuai dengan perencanaan keuangan Anda sebelumnya.

Keempat, Harus jeli dalam menyusun perencanaan keuangan yang baik agar arus kas bulanan selalu positif. Ingat, jika Anda tak cukup mampu mengatur arus kas bulanan Anda, maka Anda bisa saja mengalami masalah deficit. Kalau sudah defisit, Anda pasti akan tergoda untuk mencairkan investasi reksadana Anda yang belum mencapai target tersebut. Hasilnya investasi yang Anda rencanakan tidak bisa maksimal.