Menyikapi Performa Perusahaan Dengan Tepat

By on 4 Agustus 2014 | Artikel ini Sudah di baca 2.336 kali
Investasi Saham

Investasi Saham – Bayangkan dua jutawan berumur 30 tahun. Satu meraup keuntungan besar dengan membangun perusahaan dari awal. Yang lain mewarisinya dari pamannya yang kaya. Siapa yang menurut Anda akan lebih sukses secara finansial 10 tahun dari sekarang? Tentu saja, tak ada cara untuk mengetahuinya dengan pasti. Ketika kita berbicara tentang  proyeksi kesuksesan di masa mendatang, apa yang Anda miliki adalah sering kurang penting dibandingkan bagaimana Anda mendapatkannya. Itulah alasan di balik salah satu pendekatan untuk mengukur performa perusahaan.

Faktor-faktor pendorong nilai perusahaan saat ini adalah kualitas, pelayanan, inovasi, siklus waktu, dan perbaikan terus-menerus. Anda harus mengukur tidak hanya nilai finansial, namun  juga unsur-unsur yang menciptakan nilai tersebut. Alih-alih berkonsentrasi pada indikator kurang penting, seperti return on investment  (ROI) dan laba per saham, lebih baik kita melihat indikator utama seperti perspektif pelanggan, proses bisnis, perspektif keuangan, dan perencanaan organisasi.

Mengukur faktor-faktor seperti kepuasan pelanggan, pengiriman tepat waktu, profitabilitas per karyawan, biaya pengembangan, waktu ke pasar, dan persentase penjualan dari produk lama kurang dari satu tahun. Langkah-langkah disajikan sebagai tujuan dan sasaran perusahaan terkait dengan visi dan strategi organisasi.

Bagi kebanyakan investor yang serius, tujuan utama membaca laporan keuangan adalah dalam rangka mengumpulkan beberapa pengetahuan dasar tentang sejarah perusahaan. Lihatlah laporan tahunan perusahaan selama tiga tahun untuk mendapatkan bagaimana perkiraan realistis mereka. Sudah barang tentu kinerja masa lalu sebuah korporasi tidak menjamin hasil di masa mendatang. Sebuah perusahaan yang telah mencapai target yang diperkirakan adalah perusahaan yang baik. Demikianlah bahwa perkiraan cukup beralasan bisa membuat saham perusahaan menjadi pemenang besar.

Kenyataannya adalah, Anda dapat mempelajari angka dan menemukan suara finansial perusahaan, namun hal tersebut tak berarti sahamnya ke mana-mana. Jadilah sadar atas persepsi pasar, serta performa perusahaan perusahaan yang sebenarnya, ketika melihat adanya saham yang menjanjikan. Ke mana Anda melangkah setelah ini? Kini Anda memahami unsur-unsur kunci dalam laporan tahunan. Jika tujuan ini telah tercapai, maka Anda dapat menjelajahi laporan tahunan secara mendalam.

Silakan. Anda akan menemukan hal menarik dan membaca petunjuk-petunjuk informatif. Dan semakin lama Anda terbiasa, semakin kuat pula intuisi Anda terbentuk. Ini bukan hanya secara bahwa Anda paham menyimpulkan performa perusahaan dari laporan tahunan yang Anda telah pelajari secara teoretis, namun teori tidak berguna jika Anda tidak membuatnya sempurna dengan banyak-banyak melakukan praktek. Sebab banyak pola akan terulang dan dengan lebih sering mengenali pola-pola tersebut, Anda akan telah siap bahwa suatu saat salah satu pola yang Anda kenali akan kembali terulang. Di sinilah Anda akan tahu kapan saham yang Anda pilih dapat merugikan atau menguntungkan.

 

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Pakar Investasi Apps di Android Anda.