Menghindari Jebakan Mematikan Dalam Mencari Konselor Hutang

By on 12 Desember 2014 | Artikel ini Sudah di baca 2.320 kali
Konselor Hutang

Konselor HutangPerencanaan Keuangan – Untuk debitur yang sudah di ujung tanduk dan berusaha mencari tahu bagaimana untuk keluar dari jeratan hutang, hal terakhir yang perlu dikhawatirkan adalah apakah konselor hutang yang telah dipilih untuk membantunya akan membuat masalahnya lebih buruk. Dia harus yakin bahwa dia tidak membuat kesalahan dengan memilih konseling hutang atas kebangkrutan atau melakukan penyelesaian dengan kreditur.

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk mendapatkan kepastian bahwa konselor hutang yang akan mereka pilih adalah terkemuka adalah untuk memeriksanya di BAPEPAM. Tentu saja, ini bukan jaminan karena mereka hanya memiliki informasi file dari orang-orang yang telah mengajukan keluhan, jadi jika itu adalah perusahaan baru atau yang tidak punya keluhan yang diajukan kepadanya, Anda benar-benar tidak akan tahu seperti apa ke depannya. Meskipun begitu, ini adalah alat terbaik yang Anda miliki, dan Anda harus memanfaatkannya untuk tingkatan yang paling tinggi.

Cara lain untuk mengetahui reputasi layanan konseling hutang adalah melalui informasi dari mulut ke mulut. Jika yang sedang Anda cari tahu adalah perusahaan terkemuka, mereka tidak akan keberatan memberikan Anda informasi tentang klien lain. Tentu saja Anda ingin memastikan bahwa mereka tidak memberikan informasi palsu atau informasi yang tidak diminta. Jika mereka benar-benar terkemuka, mereka mungkin akan memiliki sesuatu pada aplikasi mereka yang  memungkinkan mereka untuk memberikan informasi kepada klien potensial lainnya.

Jika itu sebuah perusahaan lokal, mungkin Anda tahu orang-orang yang telah memanfaatkan jasa mereka. Apabila mereka tidak bersedia untuk memberikan referensi yang dapat Anda periksa, maka Anda jauh lebih baik untuk maju ke seseorang yang bersedia untuk bekerja sama dengan Anda. Dalam kebanyakan, (walaupun tidak semua) kasus, penolakan untuk memberikan referensi berarti ada sesuatu yang mereka coba sembunyikan, dan ini bukan tipe orang dengan siapa Anda ingin melakukan bisnis.

Internet adalah tempat yang indah untuk mencari informasi tentang berbagai subjek, dan jika ada perusahaan yang dipertanyakan reputasinya, ada lebih dari mungkin telah terbentuk sebuah forum telah terbentuk  untuk mengeluh tentang perusahaan ini. Aneh mungkin tampaknya, orang-orang di internet benar-benar membuat website, forum, group-group di mesin-mesin pencari terkemuka dan bahkan sosial media untuk menampung pengaduan dan komplain tentang perlakuan tidak adil yang mungkin telah dilakukan perusahaan-perusahaan bermasalah ini kepada para klien mereka.

Manfaatkan semua alat yang Anda inginkan, dan bila itu adalah perusahaan lokal, pastikan Anda memeriksa secara menyeluruh hingga lembaga lokal yang tahu tentang kegiatan ilegal yang telah dilaporkan. Jika Anda telah sampai sejauh ini, Anda tidak harus memiliki modal untuk penyelidikan ini, sehingga Anda akan berhati-hati kepada siapa Anda memberikan uang Anda. Ini tidak akan membantu situasi Anda jika orang yang Anda pilih tidak melakukan pekerjaan yang telah mereka janjikan, dan Anda bahkan tidak dapat mengumpulkan bukti di pengadilan jika mereka akhirnya menutup operasi mereka.

Pilih perusahaan yang telah berkecimpung dalam bisnis ini cukup lama sehingga telah memiliki catatan klien, dan pilihlah salah satu yang Anda anggap akan  melayani dengan baik untuk kepentingan Anda dan tidak hanya ingin mengambil uang Anda. Pilih konselor hutang secermat saat Anda akan memilih babysitter untuk bayi Anda yang baru lahir.

 

 

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Pakar Investasi Apps di Android Anda.