Menghemat Uang Dimulai Dari Disiplin Keuangan Pribadi

By on 14 Oktober 2014 | Artikel ini Sudah di baca 2.709 kali
Hemat

Perencanaan Keuangan – Sebuah cara yang bagus untuk menabung  adalah untuk menyadari fakta bahwa seseorang memiliki kekuatan untuk menentukan keadaan keuangannya secara khusus melalui upaya sadar mendisiplinkan cara menghabiskan dan mengendalikan pengeluaran seseorang.

Disiplin keuangan pribadi akan paling pasti menjadi kunci untuk mengurangi hutang seseorang sehingga meningkatkan kemungkinan berkembangnya  tabungan seseorang. Dan dalam jangka panjang, meningkatkan standar hidup seseorang.
Menurut penulis buku manajemen uang Robert Hastings, “uang yang dikelola secara tidak disiplin, biasanya memantrai orang supaya tidak disiplin”. Oleh karena itu, jika seseorang memberitahu bagaimana uang yang didapat dengan susah payah  tampaknya menyelinap pergi begitu mudah, maka sudah saatnya bahwa ia memikirkan kembali  caranya memegang uang  dan mencoba untuk mendisiplinkan kebiasaan belanja yang tidak menyenangkan itu.

Salah satu kunci penting untuk manajemen keuangan yang sukses, khususnya dalam menyimpan uang adalah untuk memiliki sikap yang tepat. Disiplin keuangan pribadi ada di daftar paling atas sikap yang tepat ini tentu saja.

Hanya dengan disiplin keuangan pribadi orang-orang menyadari bahwa mereka memiliki kebebasan dan kekuatan untuk melakukan hal yang benar atas melakukannya sebagai impuls yang mendikte mereka.

Kedengarannya rumit? Yah, tidak benar-benar rumit lah. Karena  ini bukan soal fisika. Mengetahui sepenuhnya manfaat fantastis disiplin uang di tangan orang yang disiplin harus menjadi motivasi cukup bagi seseorang untuk melakukan semua yang manusiawi yang mungkin untuk mencapai stabilitas keuangan yang sukar dipahami. Berikut adalah beberapa tips bermanfaat dalam menghemat uang

  1. Sadarilah bahwa metode yang paling nyaman membangun kekayaan seseorang adalah melalui menabung. Uang adalah satu-satunya bahan yang masuk akal untuk ditabung.
  2. Fokuskan pengeluaran pada hal-hal yang perlu. Jalanilah hidup hari demi hari dengan mengetahui bahwa Anda memiliki cukup uang.
  3. Hindari membeli karena dorongan. Luangkan waktu Anda saat membeli, terutama barang-barang mahal. Jika Anda benar-benar membutuhkannya, hal tersebut  tidak akan menyesatkan pikiran Anda. Karena memang menyangkut belanja, banyak hal-hal yang kita beli karena tersesatnya pikiran lebih pada sesuatu yang  tidak kita butuhkan tapi kita inginkan.
  4. Hutang kartu kredit mengambil tempat di slot nomor satu atas besarnya hutang  keuangan Anda hari ini. Kendalikan pengeluaran Anda dengan mengurangi penggunaan kartu kredit Anda. Atau untuk situasi darurat ketika Anda benar-benar harus menggunakan kartu kredit, pertimbangkan untuk menggunakan yang interest charge nya kecil, kemudian buanglah bunga yang tinggi untuk kebaikan.

Tidak peduli bagaimana Anda melihatnya, menghemat uang sangat mudah untuk dilakukan. Sedikit imajinasi, beberapa kreativitas dan banyak disiplin diri akan membawa Anda lebih jauh  dalam menjaga uang Anda.  Seperti betapa disiplinnya Anda ketika jam-jam berangkat kerja, makan, tidur, semudah itulah seharusnya disiplin Anda terhadap uang. Anda pasti bisa!!

 

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Pakar Investasi Apps di Android Anda.