Mengenal Karakter-Karakter Reksa Dana

By on 14 Juli 2014 | Artikel ini Sudah di baca 2.660 kali
investasi reksadana

Reksa Dana Terproteksi (Capital-Protected Funds) adalah Reksa Dana yang menyediakan perlindungan/proteksi terhadap investasi awal investor dengan mekanisme pengelolaan portofolio. Reksa dana harus melakukan investasi hanya pada efek bersifat hutang yang masuk dalam kategori Layak Investasi (Investment Grade) sehingga nilai efek hutang tersebut di saat jatuh tempo sekurang-kurangnya mampu menutup jumlah nilai yang diproteksi. Reksa Dana dengan Jaminan (Guaranteed Funds) adalah Reksa Dana yang menyediakan jaminan tertentu untuk investor sejauh memenuhi persyaratan tertentu. Pemberian jaminan tersebut dilaksanakan dengan penunjukkan penjamin (guarantor), dapat merupakan Manajer Investasi yang sekaligus  mengelola Reksa Dana tersebut, atau dapat dengan menunjuk institusi lain, seperti Perusahaan Sekuritas atau Bank. Reksa Dana ini menjamin bahwa dalam periode tertentu, misalnya minimal tiga sampai lima tahun, investor akan diperbolehkan mencairkan sekurangnya-kurangnya nilai awal yang telah diinvestasikan, bahkan terdapat Reksa Dana tertentu yang memberikan jaminan bahwa investor boleh mencairkan nilai investasi awal ditambah tingkat pengembalian tertentu yang sudah disepakati.

Ada berbagai variasi Reksa Dana menurut mata uang yang digunakan, antara lain Domestic-Currency-Denominated Funds yang memakai mata uang lokal negara tempat Reksa Dana tersebut diterbitkan untuk segala macam aliran dana yang berhubungan dengan Reksa Dana tersebut, seperti penjualan unit penyertaan (Redemption) atau pembelian unit penyertaan (Subscription), Foreign-Currency-Denominated Funds yang memakai mata uang selain mata uang lokal negara tempat Reksa Dana tersebut diterbitkan untuk segala macam aliran dana yang berhubungan dengan Reksa Dana tersebut, seperti penjualan / pembelian unit penyertaan, Dual-Currency-Denominated Funds yang menggunakan bukan hanya satu mata uang untuk aliran dana tertentu, seperti pembelian unit penyertaan dilakukan dalam mata uang lokal namun penjualan unit penyertaan dilakukan dalam mata uang asing, demikian juga sebaliknya pembelian unit penyertaan dilakukan dalam mata uang asing akan tetapi penjualan unit penyertaan dilaksanakan  dalam mata uang lokal, atau bahkan penjualan dan pembelian unit penyertaan dilakukan dalam dua mata uang asing yang sama sekali berbeda.

Terdapat pula berbagai macam variasi Reksa Dana menurut biaya yang harus dikeluarkan. No-Load Funds yang bisa diperoleh dan/atau dicairkan tanpa perlu membayar biaya penjualan/pembelian berbentuk apapun. Sedangkan Load Funds bisa diperoleh dan/atau dicairkan dengan membayarkan biaya tertentu, dapat berbentuk Front-End Load Funds yang menarik biaya pembelian (Subscription Fee) pada saat melakukan pembelian unit penyertaan Reksa Dana atau Back-End  Load Funds yang menarik biaya penjualan (Redemption Fee) pada saat melakukan penjualan unit penyertaan Reksa Dana atau variasi dari keduanya. Reksa Dana lain memungut atau membebaskan biaya berdasarkan kebijakan tertentu, seperti membebaskan biaya pembelian bila melakukan pembelian di atas nilai tertentu, atau membebaskan biaya penjualan bila telah menanamkan investasi di atas kurun waktu tertentu. Reksadana lain membebaskan biaya pembelian atau penjualan, namun memungut biaya tahunan (Annual Fee) demi membiayai administrasi pembelian serta penjualan.

Berkaitan dengan biaya di atas, dalam Industri Reksa Dana dikenal istilah “Family of Funds” yaitu sekelompok Reksa Dana yang memiliki strategi dan tujuan investasi yang berbeda-beda, tapi dikelola, atau distribusikan oleh suatu sistem atau institusi yang sama, yang memudahkan investor yang menghendaki perubahan strategi investasi untuk mengalihkan kepemilikannya pada suatu Reksa Dana ke Reksa Dana lainnya tanpa perlu melewati proses pembelian atau penjualan Reksa Dana. Pada sebagian kasus, Investor wajib membayar biaya pengalihan (Switching Fee) tapi ada pula kasus lain di mana investor boleh mengalihkan Reksa Dananya tanpa dipungut biaya apapun.

Selain Reksa Dana yang dirancang untuk berdiri pada waktu yang tak terbatas, terdapat Reksa Dana yang dirancang hanya berdiri hingga waktu tertentu, baik jangka pendek, menengah, maupun panjang, atau dirancang untuk dibubarkan pada tahun tertentu. Reksa Dana jangka waktu tertentu tersebut sebagian besar dirancang untuk memenuhi tujuan-tujuan tertentu seperti 2050-Retirement Fund yang akan dibubarkan pada tahun 2050 dan dirancang secara khusus untuk menyediakan uang jaminan hari tua atau dana pensiun pada tahun 2050, atau 2010-College Fund yang dibubarkan pada tahun 2010 dan dirancang secara khusus untuk menyediakan uang kuliah pada tahun 2010.

Ada pula berbagai macam variasi Reksa Dana menurut jadwal atau batasan pembelian atau penjualan unit penyertaannya. Jenis Reksa Dana yang paling umum biasanya dapat dibeli atau dijual kapanpun tanpa batasan apapun, akan tetapi terdapat pula Reksa Dana yang hanya boleh dibeli atau dijual pada waktu-waktu tertentu, seperti January Funds yang hanya melayani pembelian atau penjualan unit penyertaan pada bulan Januari. Reksa Dana tertentu mengharuskan nasabah melakukan pembelian atau penjualan unit penyertaan dengan jumlah tertentu secara berkala dalam jangka waktu tertentu, atau membatasi pembelian atau penjualan yang diperbolehkan, baik berupa pembatasan frekuensi yang diperbolehkan dalam suatu periode tertentu, atau pembatasan menurut jumlah nominal. Reksa Dana lain bahkan melarang penjualan (redemption) dalam jangka waktu tertentu (Looked-Up Periods).

 

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Pakar Investasi Apps di Android Anda.