Mengenal Jenis-Jenis Tambahan Asuransi, Manfaat dan Tingkat Urgensinya

By on 30 Juni 2014 | Artikel ini Sudah di baca 2.632 kali
asuransi-kesehatan

Tambahan, atau biasa disebut dengan istilah rider, pada polis asuransi adalah tambahan keuntungan (benefit) yang dapat Anda sertakan sebagai bagian dari polis asuransi utama yang Anda beli. Untuk memperoleh tambahan keuntungan ini, Anda diwajibkan membayarkan sejumlah premi tambahan. Jenis-jenis rider yang umum antara lain:

Asuransi Kematian karena Kecelakaan (Accidental Death Benefit)
Rider ini memberikan keuntungan kepada Anda berbentuk peningkatan uang pertanggungan hingga mencapai dua kali lipat dari yang Anda beli (tercantum di polis), jika kematian Anda dikarenakan kecelakaan. Namun, kematian tersebut harus terjadi dalam kurun waktu tertentu setelah kecelakaan. Pada umumnya tak lebih dari 90 hari setelah kecelakaan dan terjadi sebelum tertanggung mencapai umur tertentu, antara 60 hingga 65 tahun. Premi tambahan untuk tambahan keuntungan ini rata-rata cukup mahal. Sedangkan risiko Anda meninggal dunia hanya karena sebuah kecelakaan kecil. Oleh sebab itu, tambahan keuntungan ini tak terlalu disarankan.

Penggantian Biaya Premi ( Waiver Premium / WP, Disability Benefit )
Dengan menambahkan keuntungan ini, Anda akan mendapat fasilitas dari perusahaan asuransi berbentuk penundaan kewajiban Anda membayarkan premi asuransi jiwa Anda. Di samping itu, perusahaan asuransi akan pula mengambil alih pembayaran premi asuransi jiwa Anda, jika terbukti Anda mengalami cacat secara keseluruhan. Namun, peristiwa cacat total harus terjadi sebelum Anda mencapai umur tertentu. Beda perusahaan asuransi akan beda ketentuan, namum kebanyakan menentukan usia tertentu tersebut adalah 60 tahun.

Sebelum Anda mengambil tambahan ini, pelajari berapa besar premi tambahan yang wajib Anda bayarkan. Apabila jumlah premi tambahannya cukup besar dan dirasa memberatkan, sebaiknya Anda tak mengambil tambahan keuntungan ini.

Jaminan Tambahan Uang Pertanggungan (Guaranteed Insurability Option)
Opsi ini memberikan tambahan keuntungan, yang berupa kemudahan bagi Anda dalam membeli atau meningkatkan uang pertanggungan di masa depan, tanpa perlu membuktikan bahwa kesehatan Anda masih cukup bagus, alias Anda tak harus menjalani medical check-up lagi. Tambahan keuntungan ini bermanfaat jika Anda merasa membutuhkan tambahan uang pertanggungan untuk memenuhi kebutuhan di masa yang akan datang. Terutama untuk Anda yang masih muda dan memiliki potensi karir yang bagus ke depannya.

Peningkatan Nilai Asuransi (Cost of Living Protection)
Perlu Anda pahami bahwa uang pertanggungan asuransi yang Anda beli saat ini merupakan nilai uang pertanggungan sekarang. Seiring dengan berjalannya waktu dan adanya inflasi, nilai tersebut dapat menyusut di kemudian hari. Demi mengimbangi inflasi ini, nilai asuransi perlu dinaikkan. Tambahan keuntungan ini berfungsi meningkatkan nilai asuransi Anda sejalan dengan inflasi, sehingga tatkala terjadi risiko kematian, nilai uang yang Anda peroleh akan sama seperti saat tertanggung membeli polis asuransi tersebut.

Yang tersebut di atas hanyalah sebagian dari rider / tambahan dari yang mungkin ada dalam layanan asuransi. Tiap perusahaan asuransi dapat saja memiliki tambahan yang mungkin tidak ada pada jasa perusahaan asuransi lain. Hal ini dapat terjadi karena tiap perusahaan asuransi memiliki fokus layanan yang saling berbeda pula.

 

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Pakar Investasi Apps di Android Anda.