Mengelola Keuangan Rumah Tangga Dengan Rumus-Rumus Sederhana

By on 13 Oktober 2014 | Artikel ini Sudah di baca 3.413 kali
Perhitungan Keuangan Rumah Tangga

Perencanaan Keuangan – Ada inflasi setiap tahun. Anda tidak dapat menghentikan peningkatan biaya hidup karena harga barang-barang konsumsi meningkat sepanjang waktu. Menabung menjadi tugas yang sangat sulit dilakukan. Berikut adalah beberapa solusi untuk menyisihkan sedikit uang Anda sehingga Anda masih dapat memenuhi kebutuhan Anda dan masih menemukan cara untuk mempersiapkan sedikit untuk masa depan Anda dan keluarga Anda. Di bawah ini langkah-langkah mudah dan jitu yang akan membantu Anda menjauhkan cacian anggota keluarga karena pengelolaan keuangan yang tidak beres.  Sekarang serius! Baca kiatnya baik-baik ya!

1.  Anggaran
Dapatkan satu strategi menyusun anggaran dan bertahanlah  dengan strategi tersebut! Dan sisihkanlah setidaknya sejumlah kecil  dana untuk tabungan, sementara di waktu yang sama Anda juga harus memikirkan tabungan untuk masa depan Anda, pendidikan Anda, pendidikan anak Anda, liburan Anda, pensiun Anda, dsb. Belilah di toko peralatan kantor setempat sebuah buku  perencanaan keuangan atau lembaran anggaran untuk menjalankan strategi Anda. Atau cobalah buka di mesin pencari favorit Anda dan ketik, “perencanaan anggaran”, dan setelah itu Anda akan menemukan ratusan situs dengan artikel, tips, download gratis ebook dan sumber daya lain yang dapat  membantu Anda  menyusun  anggaran dan segera  menindaklanjutinya.

2.  Rencana ke Depan
Pastikan untuk menyusun rencana untuk keadaan darurat dan tak terduga, seperti peralatan yang rusak (kompor gas, kulkas, saluran telefon) atau kerusakan pintu garasi. Bahkan jika Anda hanya dapat menyisihkan Rp. 500.000,00 atau lebih setiap bulan, tempatkan dalam rekening dan alokasikan untuk dana aneka kebutuhan. Kemudian bila ada yang salah, dan mungkin kurang sempurna, Anda akan lebih siap.

3. Produk Non Bulanan
Bereksperimenlah dalam biaya bulanan untuk item yang tidak Anda bayar secara bulanan dan aturlah ini dalam anggaran biaya bulanan Anda. Misalnya, untuk anggaran seragam sekolah anak, buku sekolah anak, pemeliharaan kendaraan, pajak kendaraan, PBB,  hitunglah masih berapa bulan dari waktu tagihan dan bagilah dalam jumlah bulan tersisa. Misalnya untuk buku sekolah anak, Anda memperkirakan harga yang akan ditarik sekitar Rp. 400.000,00, dan itu masih 4 bulan lagi. Maka untuk anggaran buku sekolah anak, sejak bulan ini Anda harus menyisihkan  Rp.400.000,00 / 4 = Rp. 100.000,00. Terapkan pula cara ini untuk anggaran dana yang lain. Kemudian daftar item pada anggaran Anda dan tarik jumlah keseluruhan, lalu simpanlah  uang dalam rekening untuk tujuan tersebut. Dengan cara ini, ketika tagihan berdatangan, Anda tidak perlu kebingungan  dan harus mengais sisa uang atau mengemis pinjaman sana-sini hanya  untuk membayar  tagihan yang tidak datang tiap bulan.

Sangat baik pula seandainya Anda memiliki sebuah kartu indeks sendiri dan rekening tabungan untuk keperluan pembayaran berbagai kebutuhan. Buat satu kartu indeks untuk setiap tagihan. Kemudian cukup cantumkan  jumlah yang Anda sisihkan pada kartu dan simpanlah ke dalam rekening tabungan Anda. Total semua kartu indeks Anda harus sama dengan saldo di rekening tabungan Anda. (Pastikan untuk membuat kartu indeks dana rutin Anda bahwa Anda menyimpan setiap bulan pada langkah satu di atas dan kartu untuk dana aneka kebutuhan Anda pada langkah dua di atas).

Jadi lain kali Anda menerima gaji, ambillah tiga langkah raksasa ke depan. Ambil kartu indeks Anda, ikuti strategi menyusun anggaran dan permudahlah kehidupan keuangan  Anda dan masa depan Anda. Berpeganglah selalu  pada penanganan keuangan  yang telah Anda susun rapi.

 

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Pakar Investasi Apps di Android Anda.