Mengapa Harus Menghindari Membeli Pada Saat Saham Biasa Pada Nilai Wajar?

By on 14 Mei 2014 | Artikel ini Sudah di baca 3.113 kali
Indeks Saham

Investasi Saham – Harga sebuah saham biasa yang kita beli harus memberi kita return tahunan lebih tinggi dari obligasi atau CD (Certificate of Deposit) / Sertifikat Deposito. Sebagai contoh jika Sertifikat Deposito memberi Anda 3 % return, obligasi memberikan 4 % return, maka Anda mungkin akan menginginkan saham Anda memberikan return yang lebih tinggi dari 6 %.

Apa artinya saham memberikan investor return 6 % ? Walaupun tak secara eksplisit nampak, Anda dapat melakukan sedikit penggalian dan mencari tahu berapa banyak yang akan dikembalikan dari investasi saham Anda. Misalnya, jika Sertifikat Deposito memberi Anda pengembalian tahunan 2 % , untuk investasi sebesar $ 100, Anda akan mendapatkan $ 2 setiap tahun. Mari kita berasumsi bahwa Anda menginginkan saham Anda memberikan Anda return di kisaran 6 % , yang lebih tinggi dari Sertifikat Deposito atau obligasi. Ini berarti untuk setiap $ 100  yang diinvestasikan dalam saham biasa, harus dapat memberi kita return $ 6 tiap tahun.

Di mana kita dapat memperoleh informasi ini? Anda bisa mendapatkannya di Yahoo! Finance atau publikasi keuangan lainnya. Hal yang perlu kita lakukan adalah mencari harga saham dari saham biasa dan laba per saham. Mari kita gunakan ilustrasi untuk menggambarkan poin ini. Maju Terus International Inc diperkirakan membukukan laba sebesar $ 6,95 per saham untuk tahun pembukuan 2014. Akhir-akhir ini, saham diperdagangkan pada kisaran $ 73,00. Oleh karena itu, return tahunan jika membeli saham Maju Terus adalah $ 6,95 dibagi dengan harga saham $ 73,00. Ini memberi kita return 9,5 %.

Akankah Maju Terus terus memberikan investor 9,5 % return dari tahun ke tahun ? Hal itu tergantung dari berbagai aspek. Bila harga saham naik, Maju Terus akan memberikan return kurang dari 9,5 % per tahun .  Aspek apa lagi ? Maju Terus tak mungkin terus-menerus menghasilkan jumlah laba yang sama dari tahun ke tahun. Bahkan bisa jadi menghasilkan kerugian. Jadi, Anda dapat melihat, investasi saham secara inheren berisiko sebab ada dua bagian yang bergerak secara bersamaan. Harga saham biasa dan laba yang dihasilkan oleh perusahaan itu sendiri . Itulah alasan mengapa investor harus mempunyai tujuan untuk mendapatkan return saham yang lebih tinggi ketika memilih investasi saham mereka.

Baik. Jadi , mari kita beralih ke hal yang penting dalam berinvestasi di saham biasa. Berapakah nilai wajar saham Maju Terus dengan asumsi keuntungan konstan $ 6,95 per saham? Nilai wajar suatu saham pada umumnya sekitar 2 % di atas obligasi. Baru-baru ini, obligasi dapat memberikan kita 4 % return . Oleh karena itu, nilai wajar saham biasa Maju Terus adalah saat dapat memberi kita pengembalian 6 %.

Jadi, apa nilai wajar saham biasa Maju Terus dalam ilustrasi ini? Untuk laba sebesar $ 6,95 per saham, nilai wajar saham umum Maju Terus adalah $ 115,80 per saham. Pada $ 115,80 per saham, saham biasa Maju Terus akan memberikan return pada investor 6 % per tahun. Karena itu, hindari membeli saham biasa pada nilai wajar karena tujuan investasi kita adalah untuk menghasilkan lebih banyak uang. Bila kita membeli saham pada nilai wajar, maka kita tak akan mendapatkan profit. Apakah kita berharap untuk menjualnya ketika harganya di nilai yang terlalu tinggi? Tentu, bagus bila kita dapat melakukannya setiap waktu. Namun dalam kenyataan kita berhadapan dengan mereka yang juga lihai berhitung, dan mereka tidak akan membeli saham pada nilai yang terlalu tinggi. Hanya jika beruntung kita mendapatkan pembeli. Oleh karena itu sekali lagi hindari membeli saham pada nilai wajar dan menjual pada nilai yang terlalu tinggi.

 

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Pakar Investasi Apps di Android Anda.