Mengambil Keputusan Dari Biaya Reksa Dana

By on 4 September 2014 | Artikel ini Sudah di baca 3.156 kali
Reksadana

Investasi Reksadana – Haruskah biaya reksa dana mempengaruhi keputusan Anda? Ya harus dong Bro! Jika tidak, apakah kiranya semua reksa dana termasuk juga yang akan merugikan Anda akan Anda beli? Nangis seribu tahun dah hehe. JIka ada dua reksa dana yang baik, pilihlah salah satu yang terbaik. Begini teorinya: jika dua reksa dana identik, kecuali untuk biaya dan ongkos yang ditetapkan, biaya reksa dana yang lebih rendah akan menjadi pilihan yang lebih baik. Tapi jarang, jika pernah, ada reksa dana identik. Misalnya, dana saham biasanya biaya lebih dari obligasi dan reksa dana pasar uang, namun reksa  dana saham historis telah memberikan signifikansi return yang  lebih tinggi, bahkan setelah biaya dikurangkan. Bahkan berbagai jenis dana saham, biasanya bervariasi dalam biaya.

Singkatnya, ada banyak faktor yang mempengaruhi biaya reksa dana dan ongkos reksa dana. Hanya setelah menimbang semua keuntungan relatif reksa dana yang berbeda, termasuk analisis biaya mereka, Anda dapat memutuskan apakah akan memilih reksa dana tertentu yang diterima untuk Anda. Reksa dana dengan biaya yang lebih tinggi dapat menghasilkan lebih banyak uang bagi Anda, bahkan setelah Anda memperhitungkan semua biaya yang Anda bayar, atas reksa dana dengan biaya yang lebih rendah. Hal sebaliknya juga mungkin dapat terjadi.

Cara Menghitung Biaya Reksa Dana Yang Harus Anda Bayar Tahunan

Sangat mudah untuk membandingkan biaya tahunan dua reksa dana atau lebih. Biaya ditampilkan secara mencolok di depan prospektus masing-masing reksa dana dalam tabel biaya standar. Tabel biaya reksa dana menampilkan biaya tahunan sebagai persentase dari rasio beban aset reksa dana. Rasio beban tersebut memungkinkan Anda untuk membuat perbandingan sederhana namun tepat pada biaya tahunan. Akhirnya, meskipun sama pentingnya tabel biaya termasuk contoh hipotetis yang memberitahu Anda apa yang telah diinvestasikan dari uang senilai Rp. 100.000.000,00 akan menarik biaya berdasarkan return sebesar lima persen. Biaya ini pada umumnya meliputi biaya transaksi, jika ada, dan biaya tahunan reksa dana. Dengan demikian, dalam hipotetis Rp. 100.000.000,00 contoh investasi, reksa dana dengan rasio biaya operasi 0.75 akan dipungut biaya pemegang saham Rp.62.500,00 per bulan.

Anda juga dapat melakukan perhitungan biaya reksa dana dan perbandingan sendiri berdasarkan investasi Anda sendiri. Beberapa situs menawarkan kalkulator biaya. Bahkan sekarang ini lantaran begitu besarnya persaingan bisnis reksa dana, termasuk jauh lebih mudahnya akses online dibanding sekian tahun yang lalu, maka lebih banyak situs yang memudahkan Anda dengan fasilitas-fasilitas.

Setelah Anda mengetahui bahwa  Anda harus membandingkan terlebih dahulu reksa dana identik yang harus dipilih sekaligus menghitung biaya tahunan, kami rasa tidaklah membingungkan lagi untuk menerjuni investasi reksa dana. Meskipun artikel ini belum dapat menjadi ringkasan keseluruhan bagaimana Anda harus berinvestasi, setidaknya Anda telah mengetahui teori baru dalam aktifitas banding-membandingkan dan menghitung biaya. Tentulah ini sudah cukup untuk membuang keraguan Anda dalam berinvestasi reksa dana.

 

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Pakar Investasi Apps di Android Anda.