Mencoba Investasi Reksadana Melalui Pasar Uang

By on 18 November 2014 | Artikel ini Sudah di baca 1.903 kali
investasi reksadana

Investasi reksadana mempunyai banyak jenisnya dan juga mempunyai banyak manfaat yang berbeda pula. Beberapa jenis investasi reksadana antara lain adalah investasi reksadana pendapatan tetap, investasi reksadana pasar uang, investasi reksadana campuran, investasi reksadana saham, dan investasi reksadana terproteksi. Dari kelima jenis investasi reksadana diatas mempunyai masing-masing keunggulan yang berbeda, dan anda sebagai investor bisa menentukan untuk memilih salah satu jenis investasi reksadana yang tepat untuk kondisi keuangan anda. Adanya berbagai pilihan jenis investasi reksadana tersebut kadangkala sering membuat calon investor pemula agak sedikit bingung untuk memilih jenis investasi yang mana, nah disinilah manajer investasi berperan. Dimana selain tugasnya untuk mengelola dana investasi yang diserahkan dari investor, MI juga harus menjelaskan kepada investor untuk memberikan pengertian yang lebih mengenai jenis investasi reksadana yang ada.

Dibawah ini akan dijelaskan keunggulan dan manfaat investasi reksadana dengan pasar uang. Investasi reksadana pasar uang adalah reksadana yang menempatkan 100% dananya pada instrumen pasar uang, seperti deposito, SBI (Sertifikat Bank Indonesia), atau Obligasi (surat utang yang diterbitkan oleh perusahaan atau Pemerintah). Untuk reksadana pasar uang ini mempunyai keunggulan seperti : Memiliki keuntungan yang lebih tinggi dibanding dengan deposito, mudah dicairkan (likuid), Resiko lebih kecil dibanding dengan reksadana lainnya, tidak ada biaya pembelian maupun penjualan. Dan kebanyakan investasi reksadana ini menjadi pilihan karena jangka waktu jatuh tempo yang kurang dari 1 tahun. Ini sangat cocok bagi investor yang menginginkan dananya cepat cair dalam waktu kurang dari satu tahun.

Banyaknya kebutuhan para investor yang kadang mendesak, membuat para investor ini lebih memilih investasi reksadana melalui pasar uang, sehingga jika sewaktu-waktu dalam tempo yang kurang dari 1 tahun tersebut, pihak investor bisa mendapatkan kembali modal beserta keuntungannya kembali. Mungkin karena jangka waktunya yang pendek kemungkinan yang terjadi adalah keuntungannyapun bisa jadi tidak cukup besar. Investasi reksadana pasar uang juga saat ini bisa dijumpai pada bank-bank konvesional di lingkungan anda, jika anda sekarang mau memulai bisnis investasi seperti ini cukup mudah dijangkau. Jalan sudah ada tinggal kita senidri untuk memanfaatkan peluang sukses untuk masa depan kita nantinya.

 

 

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Pakar Investasi Apps di Android Anda.