Menariknya Berinvestasi Saham Dengan Rencana Investasi Sistematis

By on 2 Mei 2014 | Artikel ini Sudah di baca 2.717 kali
Saham

Investasi Saham – Rencana Investasi Sistematis atau yang dalam bahasa Inggrisnya disebut Systematic Investment Plan (SIP) berbeda dengan rencana investasi satu kali, Rencana Investasi Sistematis mensyaratkan pembayaran rutin untuk jangka waktu tetap. Hal ini memungkinkan investor untuk mengumpulkan saham dari reksa dana dan secara teratur sekalipun dalam jumlah kecil. Ketidakmampuan Anda untuk menginvestasikan sejumlah besar uang mungkin telah menjauhkan  Anda dari berinvestasi di pasar saham. Rencana Investasi Sistematis merupakan solusi ideal untuk masalah tersebut.

Tak dinafikkan lagi, Anda tentu memiliki kebutuhan khusus yang hanya mampu diselesaikan lewat investasi jangka panjang. Kebutuhan tersebut termasuk membeli rumah sendiri, pendidikan anak-anak, keadaan darurat pasca – pensiun, dan lain sebagainya.  Dan Rencana Investasi Sistematis membantu Anda menyimpan investasi dalam jumlah kecil secara teratur namun pada waktunya jumlah tersebut berubah menjadi jumlah yang besar.

Meng-compound ulang Rencana Investasi Sistematis tak hanya membantu Anda meraih jumlah yang besar setelah jangka waktu tertentu. Untuk mencapainya pada usia dini, tergantung kapan Anda mulai berinvestasi. Anda bisa mengumpulkan jumlah yang bombastis di usia 65 bila Anda mulai berinvestasi di usia 30.
Anda menginvestasikan jumlah uang yang sama dalam investasi yang sama secara berkala selama jangka waktu yang disepakati. Hal ini Menurunkan biaya rata-rata dalam Rencana Investasi Sistematis Anda. Anda membeli saham lebih banyak sewaktu harga saham turun dan membeli saham lebih sedikit di saat harga saham naik. Dan itu membuat Anda membayar harga rata-rata per saham yang lebih rendah.

Strategi averaging cost tidak sesuai dengan timing pasar akan tetapi hanya mengurangi risiko investasi dalam jumlah yang lebih besar dalam investasi di waktu yang tidak tepat.
Timing pasar tak relevan pula. Dua paragraf sebelumnya memberitahu Anda bahwa Rencana Investasi Sistematis membuat timing pasar tak lagi relevan untuk Anda. Ketidakpastian pasar saham dan volatilitas acap membuat jera bagi investor wannabe. Dalam Rencana Investasi Sistematis Anda benar-benar merdeka dari timing pasar yang salah.

Sebuah Rencana Investasi Sistematis khusus mewajibkan investasi bulanan selama 10 , 15 atau 25 tahun. Anda biasanya diizinkan untuk memulai investasi Anda dengan jumlah minim.
Anda tak mempunyai kepemilikan langsung dana. Sebaliknya Anda memiliki minat dalam rencana kepercayaan.

Hal-hal yang harus Anda perjelas sebelum berinvestasi dalam Rencana Investasi Sistematis adalah sebagai berikut:

  1. Cek biaya yang dibebankan oleh plan tersebut. Juga perhatikanlah keadaan di mana plan menghapuskan atau mengurangi biaya tertentu.
  2. Anda harus yakin mampu terus melakukan pembayaran untuk jangka waktu dalam plan yang Anda ambil. Penarikan di pertengahan jalan sudah barang tentu akan membuat Anda kehilangan uang Anda dengan perkecualian Anda memenuhi syarat pengembalian dana penuh.
  3. Pelajarilah tujuan investasi dari plan terkait. Catatlah risiko berinvestasi dalam plan yang Anda minati. Dan pertimbangkan apakah Anda akan merasa nyaman dengan plan tersebut.
  4. Pelajari  hak-hak hukum untuk pengembalian dana apabila kelak  Anda membatalkan rencana Anda .

 

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Pakar Investasi Apps di Android Anda.