Memulai Investasi Saham di Pasar Modal

By on 22 Januari 2014 | Artikel ini Sudah di baca 1.925 kali
Tips Investasi Saham

Memulai Investasi Saham di Pasar Modal

Investasi Saham – Mungkin sebagian besar orang di Indonesia sangat ini mencoba investasi di pasar saham. Sayangnya, kebanyakan dari mereka sama sekali tidak tahu bagaimana cara untuk memulai investasi ini. Bahkan banyak yang berpikir dua kali karena resiko investasi saham yang besar. Orang-orang awam banyak beranggapan bahwa investasi saham dapat menyebabkan mereka merugi. Padahal tidak begitu kenyataannya.

Hal paling dasar dalam memulai investasi saham di pasar modal adalah dengan membuka rekening di perusahaan efek. Pilih perusahaan efek yang bisa memproses penjaminan emisi saham jika Anda ingin berinvestasi di saham-saham yang baru ditawarkan di pasar perdana. Bisa juga mencari perusahaan efek yang berpengalaman dan memiliki analisa efek yang baik. Dengan mengisi dokumen-dokumen yang diminta, Anda sudah bisa membuka rekening Anda sendiri.

Perlukah memakai jasa broker untuk investasi saham di pasar modal? Broker adalah hal yang tidak wajib. Bisa saja Anda menyewa jasanya, namun bisa juga tidak. Sudah banyak layanan online trading yang memungkinkan Anda untuk melakukan investasi secara mandiri. Dengan begitu, Anda bisa menghemat banyak uang dan menempatkan kontrol sepenuhnya di tangan Anda.

Langkah berikutnya dalam berinvestasi saham di pasar modal adalah dengan belajar menggunakan rencana dan anggaran. Banyak sekali investor yang tidak menggunakan rencana dan hanya mengandalkan perasaan. Sebaiknya mulai berinvestasi dengan modal yang kecil. Ini akan membantu Anda dalam belajar dan menambah pengalaman Anda. Biarkan modal tersebut terus tumbuh seiring dengan bertambahnya pengalaman Anda.

Investasi saham di pasar modal memerlukan mental yang matang. Ingatlah untuk jangan pernah bergerak secara membabi buta. Terburu-buru dalam bermain saham bisa sangat berakibat fatal. Luangkan sedikit waktu untuk melakukan analisa mengenai saham yang Anda taksir. Apakah perusahaan pemilik saham tersebut memiliki track record yang baik? Periksa dahulu kebenaran suatu berita yang biasanya dirilis oleh sebuah perusahaan. Kinerja perusahaan yang bagus di masa lalu juga terkadang tidak dapat menjamin kinerja yang sama di masa berikutnya.

Bersiap-siap atas segala kemungkinan yang bisa terjadi bisa membuat diri Anda tetap waspada dala berinvestasi saham di pasar modal. Kadang pergerakan saham bisa saja tidak sesuai dengan apa yang telah Anda prediksi. Bahkan investor profesional pun pernah mengalami kerugian. Jadi, jangan pernah takut untuk merugi. Asalkan Anda bisa belajar dari kesalahan ini untuk tidak lagi terjebak pada lubang yang sama.

Selalu berpikir bahwa investasi saham adalah sebuah petualangan yang menantang dan juga menyenangkan. Bawa santai, namun juga serius ketika diperlukan. Terkadang investasi saham dapat membuat Anda menampar dahi atau bahkan membuat Anda melompat kegirangan. Wawasan yang luas, mental yang matang, dan secuil keberuntungan bisa membawa Anda mencapai kesuksesan dalam berinvestasi saham di pasar modal. Semoga bermanfaat!