Memperhatikan Wacana Penyimpanan Sebelum Investasi Bar Emas

By on 14 Agustus 2014 | Artikel ini Sudah di baca 3.453 kali
Emas

Investasi Emas – Anda dapat memilih metode pembelian dan penyimpanan yang paling cocok dengan kebutuhan Anda. Misalnya saja, Anda dapat memilih pengiriman fisik (kepemilikan langsung) dan menikmati keamanan memiliki asset investasi Anda di tangan Anda sendiri. Atau Anda dapat membeli emas batangan melalui program penyimpanan, dalam hal ini broker, bankir, atau dealer Anda akan menggunakan penyimpanan pihak ketiga yang aman, untuk memegang dan melindungi emas Anda dengan  biaya yang relatif kecil. Memegang akun penyimpanan emas adalah alternatif menarik untuk membeli logam fisik. Dalam kasus akun  penyimpanan emas, institusi seperti bank komersial atau agen logam berharga mempunyai kewajiban untuk menyediakan jika ada permintaan dari investor, kuantitas yang dinyatakan dan kehalusan emas sesuai dengan syarat dan kondisi emiten.

Sebagian besar perusahaan yang menawarkan jenis investasi mengeluarkan secara teratur pernyataan yang melacak kegiatan pembelian dan penjualan atas kepemilikan investor mereka, serupa dengan laporan yang dikeluarkan oleh perusahaan broker besar ketika melaporkan transaksi pada ekuitas. Investasi dalam rekening penyimpanan identik dengan investasi pada emas batangan. Dengan akun penyimpanan emas, bagaimanapun, investor tak harus membayar biaya fabrikasi untuk jumlah yang kecil. Juga, karena emas tersebut disimpan di lembaga penerbitan, tidak ada biaya pengiriman. Kebanyakan lembaga mengizinkan investor melakukan transaksi lewat telepon.

Pada umumnya  emas yang disimpan dalam akun penyimpanan emas dikumpulkan bersama dengan emas milik investor lain dalam penyimpanan pihak ketiga. Bentuk kepemilikan disebut sebagai tak teralokasi. Kepemilikan yang tak teralokasi didefinisikan sebagai bentuk kepemilikan  tertentu namun  tak terbagi oleh bunga pada sebuah bar  emas. Pengiriman pool sebagai sarana pengumpulan investasi dijamin oleh lembaga yang mengeluarkannya. Pembelian yang tak teralokasi  adalah cara yang sedikit lebih murah bagi  investor dalam tujuannya untuk memiliki emas. Akun teralokasi menetapkan bar  emas tertentu (atau emas batangan berbentuk koin), dibubuhi nomor dan diidentifikasi oleh ciri-ciri tertentu, dicatat berat dan kehalusan emas tersebut bagi investor tertentu.

Dari seluruh tulisan di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa membuka akun penyimpanan emas memang bukan tanpa biaya, bukannya gratis mengingat  perusahaan yang memberikan layanan mempertaruhkan kredibilitas dan nama baiknya untuk memberikan keamanan dan layanan terbaik mereka demi kenyamanan kita. Total dari semua biaya yang perlu Anda keluarkan untuk penyimpanan tersebut kelak tidak akan sebanding dengan risiko yang dapat membuat asset Anda hilang seketika seperti saat terjadi pencurian, kebakaran, ataupun hilang saat pemindahan. Dengan menyimpan bar emas sendiri, tidak ada yang memberikan jaminan ganti rugi atas kehilangan karena semua dampak telah menjadi risiko Anda pribadi. Kecuali pihak ke tiga menunjukkan indikasi penipuan dan atau mengalami kebangkrutan, Anda tak harus perlu merasa khawatir bar emas yang Anda investasikan hilang. Perusahaan pool emas yang solid bahkan sering member jaminan pengembalian asset apabila terjadi kesalahan di luar tindakan investor.  Ini artinya bahwa Anda sebenarnya tidak perlu lagi berpikir dua kali untuk menggunakan akun penyimpanan emas bagi tujuan investasi Anda yang lebih serius.

 

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Pakar Investasi Apps di Android Anda.