Membiasakan Diri Membandingkan Harga

By on 4 November 2014 | Artikel ini Sudah di baca 2.814 kali
Membiasakan Diri Membandingkan Harga

Perencanaan Keuangan – Jika Anda sama seperti mereka yang memiliki masalah kendali pengeluaran pribadi atau rumah tangga, Anda harus menerapkan pendanaan yang ketat demi melihat semua tagihan Anda dapat diurus dengan baik setiap bulan. Setiap bulan mungkin hampir tidak ada uang tersisa yang dapat Anda habiskan sesuka Anda. Tentu, Anda kadang-kadang ingin membeli makan/minum di luar, namun sebagian besar uang Anda agaknya telah habis hanya untuk biaya-biaya rutin Anda tiap bulan.

Kami telah menemukan cara kecil namun sgnifikan yang dapat membantu memanipulasi pengeluaran Anda dan membuat Anda mampu memiliki uang untuk sekadar bersenang-senang tiap bulan. Apakah rahasia itu? Rahasia itu adalah pada membandingkan harga. Kata-kata yang tentunya sederhana dan tidak membutuhkan orang jenius untuk menafsirkannya. Namun, kebiasaan membuang uang dapat berubah drastis, sekali kita mau sedikit bersusah-susah membandingkan harga.

Salah satu area menguntungkan ketika Anda mau belajar membandingkan harga adalah dalam belanja grosir mingguan. Alih-alih masuk ke sembarang toko yang Anda pikir terdekat atau lebih nyaman, Anda dapat mulai mencari brosur penawaran untuk menentukan toko mana yang memberikan harga termurah untuk tiap item yang Anda butuhkan. Kami sendiri tiap minggu selalu membuat daftar dari item grosir yang kami butuhkan, kemudian kami membatasi membandingkan harga hanya pada item-item tersebut. Kami tidak membiarkan ketika pergi ke toko dan memenuhi keranjang belanja kami dengan apapun yang menarik perhatian kami. Tidak. Ini dapat membuat dompet kami semakin bolong. Oleh karena itu, kami  tetap berpaku pada daftar yang telah dibuat, dan membandingkan harga dengan cukup hati-hati. Luar biasa pengeluaran yang dapat diselamatkan dengan membeli item-item di toko-toko yang menawarkan harga terendah.

Belajar membandingkan harga menguntungkan kami pada aspek-aspek pengeluaran lain selain belanja grosir. Menonton bioskop misalnya. Apakah Anda tahu kebanyakan bioskop di Indonesia memberikan harga berbeda tiap hari Senin karena hari Senin adalah hari yang bagi banyak orang paling menyebalkan setelah hari Sabtu dan Minggu yang paling menyenangkan? Diskon di hari Senin bagi bisnis bioskop adalah untuk memperbaiki omzet mereka. Oleh karena itu, pilihlah hari Senin untuk menonton bioskop dan jangan pada waktu sebuah film ditayangkan perdana. Untuk hal ini, Anda hanya harus membandingkan harga pada hari yang berbeda dan bersabar menunggu hari yang tepat. Percayalah cara ini akan membuat hiburan akan tetap dapat Anda konsumsi tanpa membuat pengeluaran menjadi boros.

Kemudian, membandingkan harga antara barang dengan harga 100% dan harga obral tentulah pantas dicoba. Secara substansial, tidak ada beda antara barang obral dengan barang yang dijual dengan harga 100% selain dari umur. Barang obralan biasanya adalah stock lama yang akan segera diganti dengan stock baru. Biasanya barang ini tidak ada bedanya dengan barang baru, selain bahwa barang tersebut adalah stock lama. Pikirkan uang yang dapat Anda irit antara 10% hingga 30% dan arahkan pikiran Anda lebih pada aspek fungsionalitas daripada aspek kekinian. Jika sepatu dengan harga lebih murah 30% sama baik fungsinya dengan sepatu yang harganya 100% mengapa Anda harus memboros-boroskan uang Anda? Gengsi ya? Memang siapa yang akan membayar Anda jika Anda gengsi? Anda tidak akan kaya jika Anda gengsi. Presiden kita yang mengenakan sepatu buatan Cibaduyut saja, kami tidak gengsi kok!? Ya karena yang mengenakan sepatu buatan Cibaduyut Bapak Presiden, bukan kami hehehe.

Okay sekarang waktunya mengimplementasikan pengetahuan baru yang diperoleh dari artikel ini. Selamat mencoba!!

 

 

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Pakar Investasi Apps di Android Anda.