Memanfaatkan Hobi Menjadi Modal Utama Membuka Bisnis

By on 4 Desember 2014 | Artikel ini Sudah di baca 3.941 kali
Memanfaatkan Hobi Menjadi Modal Utama Membuka Bisnis

Start-Up Bisnis – By: Mauren Anindya/netpreneur.co.id.

Hobby is not what I do. It’s who I am. Pepatah anonim yang sering beredar di media sosial Tumblr tersebut menggambarkan betapa hobi “mendarah daging” dalam karakter. Sesulit atau seaneh apapun, hobi adalah sesuatu yang tak dapat dipisahkan dari diri seorang individu. Tak ada orang yang tidak mencintai hobinya. Inilah alasan mengapa banyak orang ‘melampiaskan’ kepenatan berutinitas lewat hobi. Yang menarik, hobi tidak hanya bisa dijadikan sarana penghiburan diri, melainkan juga sebagai modal yang berharga untuk memulai bisnis dan bisa memperoleh pendapatan tambahan.

Steve Jobs terkenal dengan pemikiran “do what you love”. Mereka yang memulai bisnis dari hal yang disukai tentu saja akan lebih enjoy dalam menjalankan usaha. Banyak alasan mengapa orang mulai merintis bisnis pribadi: kejenuhan bekerja kantoran, ketidakmampuan meraih gelar akademik, ingin mendapatkan penghasilan tambahan, dan lain sebagainya. Namun beberapa wirausahawan sukses mengakui, bisnis yang dimulai dari hobi cenderung lebih bertahan lama. Si pemilik bisnis tidak menganggap pekerjaannya sebagai beban, melainkan sebagai sebuah kegiatan yang ia sukai atau cintai.

Lebih tahan banting

Mereka yang memulai bisnis dari hobi cenderung lebih tegar menghadapi kendala bisnis. Ada semangat pantang menyerah setiap kali masalah menghampiri bisnisnya. Ia memiliki motivasi yang kuat untuk menemukan solusi dari setiap problem bisnis. Mental yang tahan banting seperti ini terbentuk karena pemilik usaha memulai kegiatan bisnis dari sesuatu yang ia sukai. Siapapun akan menjadi lebih tegar ketika ia berada di bidang yang sesuai dengan passion-nya.

Lebih total

Pebisnis yang memulai usaha dari hobi akan lebih total dan perfeksionis dalam persiapan, misalnya pemilihan desain toko online, pencantuman foto produk yang disajikan, serta pemberian layanan kepada pelanggan. Ia rela mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk dijadikan modal berbisnis, sebab ia ingin agar usaha yang dimulai dari hobinya ini sempurna dan tidak sia-sia.

Lebih happy

Bagi sebagian besar wirausahawan, memulai bisnis pribadi dari nol merupakan sesuatu yang menantang. Tidak sedikit wirausahawan yang merasa was-was di masa-masa awal bisnisnya. Namun, hal ini tidak dirasakan oleh mereka yang memulai bisnis pribadi dari hobi. Karena melakukan sesuatu yang disenangi, mereka tidak merasakan tekanan ataupun kekhawatiran akan keberlangsungan bisnisnya.

Lebih profesional

Memulai bisnis di bidang yang disukai tentunya berbeda dari memulai bisnis di bidang yang sama sekali asing. Pebisnis yang memulai usaha dari hobi tahu banyak tentang seluk-beluk bidang yang digemarinya. Dampaknya, mereka memiliki pengetahuan yang mendalam sehingga lebih kredibel dan profesional menjalankan bisnis.

Nothing to lose

Tak ada kata “gagal” bagi pebisnis yang memulai usaha dari hobi. Ketika mendirikan bisnis, yang mereka cari bukanlah profit, melainkan kepuasan batin. Orang-orang semacam ini tidak mengejar keuntungan dalam bentuk uang. Meskipun bisnisnya defisit sekalipun, mereka tidak akan merasa rugi sebab apa yang mereka jalani adalah sesuatu yang disenangi.

 

 

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Pakar Investasi Apps di Android Anda.