Masa Liburan, Waspadai Isi Dompet Anda!

By on 16 Desember 2014 | Artikel ini Sudah di baca 3.634 kali
Liburan

LiburanPerencanaan Keuangan – Dalam masa liburan seperti Natal dan Lebaran orang selalu memiliki kecenderungan untuk membeli lebih banyak dari yang dibutuhkan dan menghabiskan lebih banyak tanpa memperhitungkan konsekuensi bahwa tindakan mereka dapat membawa dampak kebocoran finansial.

Oleh karena itu, tak selalu berarti bahwa karena saat itu adalah hari libur, Anda memiliki semua alasan di dunia ini untuk membeli apa pun yang Anda inginkan dan menghabiskan sebanyak mungkin yang Anda inginkan. Banyak yang berpendapat bahwa liburan seperti Natal dan Lebaran hanya terjadi setahun sekali, jadi Anda tidak akan keberatan menghambur-hamburkan uang di momen penting keluarga tersebut.
Masalahnya adalah bahwa memberikan sesuatu yang berarti  hanya untuk semangat liburan tidak berarti Anda harus membuang uang Anda tanpa guna. Anda masih dapat menghadirkan sesuatu yang akan sangat dihargai tanpa harus menghabiskan lebih banyak uang.

Berikut caranya:

1. Buatlah anggaran dan menaatinya

Masalah dengan kebanyakan orang adalah bahwa mereka relatif mudah membuat anggaran namun  tidak pernah mematuhi anggaran yang telah Anda buat sendiri.  Jadi apa gunanya membuat anggaran ketika Anda tidak tahu bagaimana untuk menyesuaikan diri dengan apa yang telah Anda  nyatakan dalam anggaran Anda?

Membuat dan menggunakan anggaran Anda harus selalu berjalan seiring. Oleh karena itu, ketika Anda membuat anggaran Anda musim liburan ini, yang terbaik adalah bahwa Anda mengikuti hal-hal yang tertulis di dalamnya sehingga Anda akan tetap dapat menghemat uang.

2. Hidup dalam keseharian Anda

Tentu saja, semua orang akan ingin memberikan hadiah, baju baru untuk anak-anak Anda, atau bingkisan bagi mereka yang kurang mampu, karena itulah yang disebut dengan musim liburan. Namun, itu tidak berarti bahwa Anda harus menghabiskan lebih dari apa yang Anda mampu.

Trik untuk menghemat lebih banyak uang adalah untuk selalu hidup dalam keseharian  Anda. Menghabiskan lebih dari apa yang Anda mampu pasti akan membawa lebih banyak masalah dari yang Anda mampu pecahkan. Anda tidak perlu berpura-pura menjadi orang lain yang berkendara mobil mewah dan terbaru, mengenakan busana terbaru rancangan disainer, menggunakan gadget-gadget branded dan keluaran terbaru jika hal tersebut justru akan mencekik leher Anda.

3. Personalisasi

Seperti yang sudah dikatakan, personalisasi adalah pemikiran yang penting. Oleh karena itu, ada cara yang lebih baik untuk menunjukkan seberapa banyak Anda memikirkan orang lain musim liburan ini daripada membuat hadiah pribadi.

4. Bandingkan harga

Jangan terburu-buru membayar setiap barang yang Anda sukai di toko yang Anda temui. Jika saja Anda mau membanding-bandingkan harga, Anda dapat memperoleh harga terendah sebelum Anda membeli. Berkelilinglah sebelum Anda memutuskan. Anda tidak akan pernah tahu item yang menawarkan harga lebih rendah daripada yang lain ketika Anda tidak membandingkan nilai barang-barang yang Anda lirik.

Yang penting di sini adalah bahwa Anda tidak harus terbatas pada satu portal belanja. Cobalah untuk mencari barang-barang lainnya, biasanya di toko-toko barang bekas dan toko-toko konsinyasi, di mana Anda dapat menemukan barang-barang terbaik dengan harga yang lebih rendah.
Memang, berbelanja di masa liburan seperti Natal dan Lebaran selalu menyenangkan, namun Anda tidak harus boros. Saat ini, Anda benar-benar hanya harus praktis.

 

 

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Pakar Investasi Apps di Android Anda.