Mahasiswa Juga Bisa Memulai Bisnis Loh!!

By on 12 November 2014 | Artikel ini Sudah di baca 2.244 kali
Mahasiswa Memulai Bisnis

Start-Up BisnisApakah Anda sedang berpikir untuk membuka usaha?

Jika Anda sudah melakukannya, atau memilki perencanaan untuk itu, 3 tahun yang  Anda miliki di dunia perkuliahan Anda merupakan hari-hari terbaik untuk mewujudkannya. Kebebasan, stimulasi pengetahuan, waktu bersantai, dan semua kebebasan di masa perkuliahan bisa Anda manfaatkan.

Dan sekali lagi, mereka yang telah menekuni dunia bisnis sejak kuliah mungkin tidak akan merasa berat dalam membiayai perkuliahan mereka, atau tagihan kartu kredit, atau biaya kuliah lainnya, dan sebagainya. Memulai bisnis sendiri sedari kuliah sangat mudah, dan bahkan menyenangkan.

Jika Anda masih dalam duniah kuliah, atau Anda baru saja lulus kuliah, sekarang adalah saat yang paling tepat dan paling memungkinkan untuk memulai suatu Bisnis. Pikirkanlah, Anda tidak akan rugi. Ini tidak seperti saat Anda mempertaruhkan seluruh modal, waktu dan tenaga untuk pekerjaan Anda, dan ini tidak seperti saat Anda harus menghidupi sebuah keluarga.

Kesempatan memulai bisnis sejak kuliah tidak akan mudah didapatkan. Ini adalah kesempatan dimana Anda bebas dan bisa membuat kesalahan.

Sebuah Bisnis tidak harus selalu mahal, dan tidak selalu harus menghabiskan seluruh waktu Anda. Di saat teman-teman Anda menghabiskan waktu mereka untuk berhura-hura, Anda bisa mengarahkan passion yang paling Anda kuasai, untuk mencari peluang dalam berbisnis.

Ini tidak semata-mata hanya untuk uang, memulai sebuah Bisnis akan sangat bagus untuk CV anda ke depannya. Bayangkanlah betapa sebuah perusahaan akan sangat terkesan saat Anda memberitahukan kepada mereka kalau Anda sedang atau pernah membuka sebuah Bisnis. Di saat orang-orang yang baru lulus sulit untuk mencari pekerjaan, memiliki perusahaan akan menambah pengalaman dan pengetahuan Anda yang akan menjadi nilai plus dibandingkan pesaing lainnya.

Jadi, apa yang Anda tunggu? Mulailah!

Sebagai seorang murid, memilih jenis bisnis adalah hal yang sangat penting dan harus Anda pertimbangkan sebaik-baiknya. Anda harus mampu untuk menyesuaikan Bisnis Anda dengan passion Anda, serta kemampuan Anda.

Cobalah hal-hal berikut ini:

1. Freelancing

Mulailah untuk mencari perusahaan-perusahaan yang hebat, dan jadilah freelancer mereka. Anda bisa mempelajari sistem pekerjaan mereka, dan mencari pengalaman sebanyak mungkin.

2. Berbisnis lewat eBay
eBay merupakan pasar online yang sangat berpengaruh. Anda bisa meningkatkan Bisnis Anda melalui eBay, karena tidak ada batas uang yang bisa Anda peroleh. Anda tidak membutuhkan gudang penyimpanan, Anda tidak perlu mengurus shipping, dan bahkan Anda tidak perlu memiliki sebuah took atau lokasi bisnis.

3. Pekerjaan yang Tidak Lazim
Sebagai seorang mahasiswa, Anda memiliki kelebihan tersendiri. Anda bisa memanfaatkan waktu luang Anda untuk mengerjakan pekerjaan-pekerjaan yang tidak lazim dan jarang dilakukan orang lain apa lagi di akhir pekan. Anda bisa menjadi tukang bersih-bersih, bahkan pembawa anjing.

4. Mengajar
Fakta dimana Anda seorang mahasiswa berarti bahwa Anda hebat dalam suatu subjek. Gunakanlah kehebatan Anda untuk mengajari adik kelas Anda. Uang yang bisa Anda hasilkan pun tidak sedikit.

5. Bisnis online
Website merupakan alat paling jitu untuk memulai bisnis. Lihatlah eBay. Anda hanya membutuhkan modal yang sangat kecil, Anda tidak membutuhkan tempat dan bahkan toko, jika Anda tidak memiliki keahlian dalam membuat website, Anda bisa meminta orang lain untuk mengerjakannya. Jika Anda bisa sukses memanfaatkan website untuk menjalankan bisnis Anda, Anda bisa kaya mendadak.

Bisnis jenis apa yang harus Anda mulai ?

1. Mulailah dengan Ide Anda
Membuat ide bisnis sangat simple, jika Anda tahu apa yang harus Anda lakukan. Pikirkanlah apa yang paling bisa Anda lakukan. Jika Anda tahu apa yang harus Anda lakukan, ide dengan sendirinya akan datang kepada Anda.

2. Memiliki mitra kerja, atau tidak?
Walaupun sudah dikatakan sejak awal kalau memulai Bisnis itu mudah, namun memulai Bisnis bisa juga menakutkan. Oleh karena itu, Anda harus benar-benar memikirkan apa Anda membutuhkan mitra kerja atau tidak. Tidak hanya Anda bisa membagi rasa takut itu dengan partner Anda, Anda juga bisa memiliki lebih banyak ide dari banyak kepala.

3. Buatlah sebuah rencana Bisnis
Rencana Bisnis adalah hal paling penting yang harus Anda perhatikan. Saat Anda membuat rencana Bisnis, Anda akan benar-benar mengidentifikasi apa yang paling penting untuk Anda, bagaimana strategi-strategi yang Anda jalani, dan sebagainya. Memang merancang rencana Bisnis itu sulit, membutuhkan waktu dan penelitian yang banyak. Untungnya, saat Anda adalah seorang mahasiswa, Anda memiliki banyak waktu dan sumber untuk melakukannya.

4. Mencari Permodalan
Jika Anda beruntung, Anda akan mampu untuk membiayai bisnis Anda dari modal kuliah Anda yang Anda sisihkan. Jika Anda kurang beruntung, Anda bisa melakukan peminjaman sebagai modal. Anda juga dapat memanfaatkan keluarga, teman dan orang-orang disekitar Anda untuk mendapatkan biaya tambahan untuk modal.

5. Bangun Brand Anda
Saat Anda memulai sebuah Bisnis, akan sangat penting untuk membangung Bisnis Anda. Cara yang paling mudah, sekali lagi adalah menggunakan internet. Buatlah website yang menarik, dan bangunlah brand produk Anda dari social media seperti Twitter, Facebook, dan Linkedln. Akan sangat mudah, dan Anda mampu menjangkau berbagai lapisan masyarakat di seluruh dunia.