Lebih Dekat Dengan Perdagangan Kuantitatif (2) Berbagai Permasalahan Bisnis dan Cara Untuk Tetap Maju

By on 25 September 2014 | Artikel ini Sudah di baca 3.197 kali
Saham

PERMASALAHAN BISNIS
Meskipun semua pembicaraan tentang kekayaan hedge fund yang tak terhitung dan Rupiah yang diukur dalam satuan miliar, dalam banyak hal memulai bisnis perdagangan kuantitatif sangat mirip dengan memulai setiap bisnis kecil. Kita harus memulai dari yang kecil, dengan investasi yang terbatas (mungkin hanya investasi awal Rp. 500.000.000,00), dan secara bertahap meningkatkan bisnis seperti kita memperoleh pengetahuan yang semakin lama semakin membuat kita pandai mencari keuntungan.

Dengan cara-cara lain, bagaimanapun, bisnis perdagangan kuantitatif sangat berbeda dengan usaha kecil lainnya. Berikut adalah beberapa hal yang paling penting.

Skalabilitas
Dibandingkan dengan kebanyakan bisnis kecil (selain dot-com tertentu), perdagangan kuantitatif sangat scalable (dapat diperbesar sampai titik tertentu). Sangat mudah untuk melakukan perdagangan ratusan juta dalam kenyamanan rumah Anda sendiri, asalkan strategi Anda secara konsisten menguntungkan. Hal ini karena scaling up sering hanya berarti mengubah nomor dalam program Anda. Jumlah ini disebut leverage. Anda tidak perlu bernegosiasi dengan seorang bankir atau kapitalis ventura untuk meminjam lebih banyak modal untuk bisnis Anda. Para broker siap dan bersedia untuk melakukan hal tersebut. Jika Anda adalah anggota dari sebuah perusahaan perdagangan proprietari, Anda bahkan mungkin dapat memperoleh leverage jauh lebih besar. Singkatnya, apabila Anda beruntung, Anda akan dapat memperoleh leverage hingga  40 kali lipat dari nominal dalam akun Anda (dengan persyaratan tertentu).

Demand yang berhubungan dengan waktu
Menjalankan bisnis yang paling kecil menuntut banyak waktu Anda, setidaknya pada awalnya. Perdagangan kuantitatif membutuhkan waktu relatif  lebih sedikit. Oleh sifatnya, perdagangan kuantitatif adalah bisnis yang sangat otomatis. Kadang-kadang, semakin Anda melakukan intervensi secara manual dengan sistem dan menimpa keputusannya, semakin buruk performa yang akan keluar.

Berapa banyak waktu yang Anda habiskan pada hari-hari perdagangan kuantitatif sangat tergantung pada tingkat otomatisasi yang Anda miliki. Sebagai contoh, di sejumlah perusahaan broker saham, beberapa orang datang ke kantor hanya sekali sebulan. Waktu selain itu, mereka pergunakan untuk duduk di rumah dan kadang-kadang memantau dari jarak jauh komputer di kantor mereka yang biasa digunakan untuk perdagangan.

Pemasaran yang tidak penting
Berikut adalah perbedaan terbesar dan paling jelas antara perdagangan kuantitatif  dan usaha kecil lainnya. Pemasaran merupakan faktor esensial untuk sebagian besar usaha kecil, Anda menghasilkan pendapatan Anda dari orang lain, yang mendasarkan keputusan pembelian mereka pada hal-hal lain selain harga sendiri. Dalam perdagangan modal, atau mata uang, counterparty di pasar keuangan tidak mendasarkan keputusan pembelian pada pertimbangan lain selain pada  harga. Kecuali Anda mengelola uang untuk orang lain, sama sekali tidak ada pemasaran yang dapat dilakukan di bisnis perdagangan kuantitatif. Hal ini mungkin terlihat jelas dan sepele namun sebenarnya perbedaan pentingnya adalah karena bisnis perdagangan kuantitatif memungkinkan Anda untuk fokus secara eksklusif pada produk Anda (strategi dan perangkat lunak), dan bukan pada apa pun yang ada hubungannya dengan mempengaruhi persepsi orang lain tentang diri Anda. Bagi banyak orang, ini mungkin keindahan utama memulai bisnis trading kuantitatif Anda sendiri.

CARA UNTUK TETAP MAJU
Jika Anda yakin bahwa Anda ingin menjadi seorang trader  kuantitatif, sejumlah pertanyaan mengikuti secara otomatis: Bagaimana Anda menemukan strategi yang benar untuk berdagang? Bagaimana Anda mengenali strategi yang baik versus strategi yang buruk bahkan sebelum mencurahkan waktu untuk melakukan backtest? Bagaimana Anda melakukan backtest? Jika kinerja backtest bagus, apa langkah yang perlu Anda ambil untuk mengimplementasikan strategi trading, baik dari segi struktur bisnis dan infrastruktur teknologi? Jika strategi menguntungkan di awal perdagangan riil, bagaimana menyusun satu skala modal untuk membuatnya menjadi aliran pendapatan yang tetap tumbuh sambil mengelola kerugian yang tak terelakkan.

Meskipun daftar proses yang harus ditempuh untuk mencapai tujuan akhir yang menghasilkan profitabilitas berkelanjutan dan berkembang mungkin tampak panjang dan menakutkan, pada kenyataannya mungkin lebih cepat dan lebih mudah daripada banyak bisnis lain. Ketika kami pertama kali mulai sebagai trader independen, kami hanya membutuhkan tiga bulan untuk menemukan strategi trading dan backtest pertama kami, mengatur akun broker baru dengan modal kecil, menjalankan pelaksanaan sistem, dan memulai strategi trading. Strategi segera menjadi menguntungkan dalam bulan pertama. Kembali di era dot-com, penulis memulai sebuah perusahaan perangkat lunak internet. Butuh investasi waktu sekitar 3 kali lebih banyak, 5 kali lipat tenaga manusia, dan 24 kali lebih lama untuk mengetahui bahwa model bisnis tidak bekerja, dimana semua investor termasuk penulis kehilangan 100 persen dari investasi mereka. Dibandingkan pengalaman tersebut, trading benar-benar telah menjadi perdagangan bisnis  kuantitatif dan menguntungkan.

 

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Pakar Investasi Apps di Android Anda.