Langkah-Langkah Membangun Sejarah Kredit Untuk Kemudahan Pinjaman Anda Di Masa Depan

By on 6 Oktober 2014 | Artikel ini Sudah di baca 2.813 kali
Ilustrasi Kredit

Perencanaan Keuangan – Laporan pada sejarah kredit Anda dan skor kredit Anda adalah poin yang memutuskan apakah Anda adalah calon yang baik untuk pinjaman. Menjaga dan mempertahankan kredit yang baik memang pekerjaan yang sulit dewasa ini, karena ada begitu banyak hal membingungkan yang dapat berdampak negatif terhadap kredit Anda. Menjaga skor yang baik lebih bagaimanapun mudah daripada membangun kembali kredit  yang buruk. Jadi lakukan  apa yang Anda mampu untuk membayar  tagihan tepat waktu. Jika Anda memiliki kredit yang buruk, atau tidak memiliki kredit sama sekali, lakukan apa yang Anda dapat dalam membangun sejarah kredit untuk meningkatkan skor Anda sehingga Anda lebih menarik bagi pemberi pinjaman bila Anda ingin membeli rumah atau membuat meminjam untuk keperluan besar lain.

Sebelum Anda membangun sejarah kredit, ada beberapa hal yang harus Anda mengerti tentang kredit Anda dan apa yang dapat berarti bagi kehidupan Anda. Anda dapat memperoleh uang dengan kurang dari kredit utama, namun saat Anda melakukannya, Anda membayar bunga lebih. Kredit macet Anda juga dapat membuat Anda tak memenuhi syarat untuk berbagai pekerjaan. Bahkansekarang ini semakin banyak pengusaha yang memeriksa sejarah kredit untuk memutuskan apakah Anda bertanggung jawab atau tidak, Anda juga akan menemukan bahwa area lain dari hidup Anda dipengaruhi pula oleh kredit Anda.

Langkah pertama untuk membangun sejarah kredit adalah untuk memahami apa yang tidak beres dengan kredit Anda. Anda mungkin tahu beberapa hal yang tidak beres, namun Anda tak akan tahu pasti seberapa besar tingkat masalah Anda kecuali Anda mendapatkan salinan laporan kredit Anda. Ini adalah sesuatu yang dapat Anda lakukan setahun sekali secara gratis, dan Anda juga dapat memesan salinan dengan biaya administrasi setiap kali Anda menghendakinya. Anda dapat mendaftar untuk layanan yang akan mengirimkan salinan sebulan sekali sehingga Anda dapat tetap menutup mata pada apa yang terjadi tanpa harus kelabakan ke sana-sini. Ini juga merupakan layanan besar jika Anda khawatir tentang pencurian identitas.

Setelah Anda memetakan  apa yang menjadi masalah, maka Anda dapat mulai bekerja pada sebuah rencana untuk membangun sejarah kredit kembali ke kewajiban yang seharusnya dilakukan. Temukan kerikil kecil pada laporan Anda yang menghambat skor kredit Anda dan segeralah memperbaikinya. Tagihan kecil yang tak pernah Anda bayar banyak mencederai skor kredit Anda, sehingga dengan membayarnya dapat segera membuat perbedaan besar. Periksalah pula  laporan Anda untuk daftar yang bukan milik Anda. Hal ini terjadi lebih sering dari yang pernah Anda pikirkan, dan ini terjadi pula pada penulis. Karena itu, jangan pernah menyepelekan saran untuk selalu memiliki salinan laporan kredit Anda secara rutin. Apabila kekeliruan pencatatan ini sungguh terjadi pada Anda, Anda dapat mengajukan hal  ini dengan lembaga kredit untuk menghapus tagihan atau tunggakan yang bukan milik Anda dari laporan kredit Anda. Kesalahan lain yang dibuat oleh orang lain tak boleh mencederai skor  kredit Anda.

Setelah Anda telah melalui langkah-langkah tersebut, atau setidaknya sedang memulai langkah-langkah tersebut, maka Anda dapat mulai mengatasi masalah yang lebih besar pada laporan Anda. Sejumlah  hutang Anda adalah hutang yang tanpa masalah selama Anda melakukan pembayaran tepat waktu. Bila Anda dapat mengejar ketinggalan, dan kemudian mintalah supaya  Anda dapat melihat sejarah kredit Anda diperbarui sesegera mungkin. Bekerja dengan sebuah perusahaan yang dapat membantu Anda membangun sejarah kredit dari bawah ke atas atau yang dapat membantu Anda memperbaiki masalah sudah Anda miliki. Mereka sering dapat menegosiasikan pembayaran yang lebih rendah dan membantu Anda mendapatkan pinjaman untuk melunasi hutang-hutang Anda.

 

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Pakar Investasi Apps di Android Anda.