Klub Investasi, Menguntungkan Atau Merugikan?

By on 7 Agustus 2014 | Artikel ini Sudah di baca 2.677 kali
Kelompok

Investasi Saham – Banyak pro dan kontra apakah seorang trader saham perlu atau tidak bergabung dalam klub investasi. Ada yang mengatakan bergabung dalam klub investasi hanya akan menuai  kesia-siaan belaka, namun banyak pula yang membuktikan dengan bergabung dalam klub investasi mereka mulai dapat melihat adanya profit dan kemampuan serta pengetahuan trading merekapun meningkat. Supaya tidak bias menilai klub investasi, artikel ini akan sedikit banyak membantu.

Klub investasi adalah metode investasi  uang dalam saham yang bisa saja aman dan terpercaya yang memungkinkan Anda untuk belajar dengan melakukan, tergantung dari jeli tidaknya Anda memilih klub investasi dan mencerna pelajaran yang diberikan. Anda harus bertanya kepada teman-teman seminat untuk mencari klub investasi di daerah Anda.  Klub investasi menyediakan  panduan dalam pemilihan sekuritas dan  pengelolaan portofolio investasi melalui keanggotaan mereka. Keanggotaan ini boleh jadi berbayar dan boleh jadi gratis. Sebagian klub investasi juga kadang  mengadakan kelas pelatihan atau seminar  di daerah Anda. Klub investasi memungkinkan angotanya untuk menempatkan jumlah kecil  uang ke pasar saham, beberapa klub mematok serendah Rp. 100.000 per  bulan, sedang yang lain dapat mematok nilai lebih tinggi.

Bergabung dengan klub investasi adalah cara untuk belajar dan cara untuk mendapatkan profit. Klub tersebut akan mengharapkan kontribusi informasi ekuitas dari jerih payah Anda. Setiap anggota mungkin bertanggung jawab untuk mendapatkan  informasi tentang perusahaan dan memberikan rekomendasi  apakah akan berinvestasi dalam saham tersebut. Pertemuan pada umumnya diadakan sebulan sekali. Dan setelah Anda bergabung dalam satu  klub investasi, maka keputusan tersebut harus merupakan komitmen jangka panjang. Bagian terbaik dari pertemuan yang diselenggarakan membicarakan tentang portofolio klub dan apakah akan membeli, menjual, atau menahan investasi saham yang berbeda.

Klub investasi memang dapat bekerja dengan baik. Mark Hulbert, menulis di Forbes November  25, 1991, mengatakan bahwa kelompok-kelompok individu telah bekerja dengan jauh lebih baik daripada para investor profesional. Banyak klub, yang menggunakan pendekatan jangka panjang dan sedikit kecerdikan telah menaklukkan pasar. Karena kita hidup di dunia dari keputusan keuangan, maka pendidikan investasi harian  adalah proses seumur hidup. Banyak orang memperoleh pengalaman sukses pertama investasi saham mereka  karena bergabung di sebuah klub investasi. Jika Anda adalah  seorang profesional dalam investasi,  tak ada salahnya memiliki  klub investasi saham, karena pertemuan bulanan dengan kelompok individu yang tertarik dapat membangun eksposur investasi saham. Klub investasi saham tersebut dapat membantu Anda mengikuti tren pasar saham terbaru dan mungkin membuka pintu peluang investasi.

Semakin banyak buah pikir dan semakin  banyak orang yang berbeda  latar belakang dan kepentingan menambah kayanya  ide-ide investasi.  Anda tentu berharap Anda dikenal dalam  klub investasi ketika Anda, sebagai pemula, pertama kali mulai berinvestasi.  Biaya investasi melalui kelompok cukup rendah. Klub investasi akan mengajarkan bagaimana  cara membeli saham dengan komisi rendah atau bahkan tanpa komisi, dan bagaimana untuk berpartisipasi dalam investasi saham,  serta pendidikan umum misalnya menemukan saham undervalued yang akan mengungguli  pasar. Ada ratusan perusahaan yang sahamnya dapat dibeli  langsung, mengesampingkan biaya komisi tinggi yang terkadang dapat menjadi rintangan bagi para pemula untuk membeli sejumlah saham.

 

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Pakar Investasi Apps di Android Anda.